Traveltext.id

Ternyata Ketepatan Waktu Penerbangan Lokal di Bawah Target

Ternyata Ketepatan Waktu Penerbangan Lokal di Bawah Target

REALISASI on time performance (OTP) penerbangan yang berjadwal dalam negeri mencapai 78,53% sampai November 2018. Namun, realisasi ini masih di bawah target yang ditetapkan tahun ini sebesar 87%.

Menurut Kepala Sub Direktorat Sistem Informasi dan Pelayanan Angkutan Udara, Direktorat Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Putu Eka Cahyadhi mengatakan diakui, ketepatan waktu penerbangan maskapai dalam negeri belum tercapai lantaran kendala cuaca, masalah di sisi efisiensi di bandar udara, navigasi penerbangan hingga masalah teknis operasi pesawat.

“Semua itu saling berkaitan. Memang OTP tidak semata-mata merupakan beban dari airliners. Jadi tidak seluruhnya bisa di kontrol maskapai penerbangan,” ujar Putu.

Dikatakan, untuk itu, ke depannya saya optimistis dapat memperbaiki kinerja OTP di tahun depan. Seperti diketahui, target OTP Ditjen Perhubungan udara di 2019 sebesar 88%.

“Guna memperbaiki itu, akan dilakukan sejumlah langkah koordinasi dengan maskapai penerbangan juga meminta pengaturan rotasi pesawat yang lebih baik,” katanya. [photo special]

Add comment