Traveltext.id

Akhirnya Garuda & ASTINDO Sepakat Perbaiki Ekosistem Bisnis

Akhirnya Garuda & ASTINDO Sepakat Perbaiki Ekosistem Bisnis

SETELAH beberapa kali mengadakan pertemuan dengan perwakilan dari PT Garuda Indonesia Tbk untuk menyampaikan keberatan atas rencana pemberlakuan penundaan pembayaran komisi ke Travel Agent.

Menurut Elly Hutabarat, Ketua Umum ASTINDO mengatakan setelah berupaya meredam gejolak dari para travel agent yang berada di Jakarta maupun di daerah, Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) memilih untuk mengambil langkah berdiskusi dan bernegosiasi dengan Manajemen Garuda Indonesia untuk mendapatkan win-win solution, hingga akhirnya Garuda selaku pembuat kebijakan, pada 10 Januari 2019 lalu telah menetapkan kebijakannya yang dapat diterima oleh para Travel Agent sebagai mitranya.

“Hasil diskusi dan negosiasi tersebut membuahkan kesepakatan yang bertujuan untuk memperbaiki ekosistem bisnis antara Garuda & Travel Agent. Adapun kesepakatan tersebut adalah (1). Garuda Indonesia tetap akan memberikan Travel Agent, Service Fee dan Sales Fee untuk penjualan Tiket Internasional dan Service Fee untuk penjualan Tiket Domestik,” ujar Elly.

Dikatakan, adapun besarnya Sales Fee tersebut akan diperoleh sesuai dengan pencapaian minimum penjualan yang telah ditargetkan Garuda Indonesia kepada Travel Agent.

“Yang ke (2). Garuda Indonesia mengakomodir keberatan yang disampaikan ASTINDO terutama mengenai pembayaran Sales Fee yang sedianya dibayarkan after segment flown berubah menjadi after ticket issued. (3).  Garuda sedang mengajukan agar tidak ada minimum target penjualan untuk Tiket Domestik, sehingga setiap Travel Agent yang menjual akan tetap mendapatkan Sales Fee,” katanya.

Ditambakannya, sedangkan poin yang ke (4). Garuda akan memfasilitasi pertemuan dengan Kementerian Keuangan dan BPK terkait dengan aturan tidak diperbolehkannya menambahkan Service Fee pada penjualan tiket yang dijual kepada instansi pemerintahan yang menjadi klien dari Travel Agent, mengingat margin dari penjualan tiket yang didapat Travel Agent relatif kecil ditambah periode pembayaran dari instansi pemerintahan yang cukup lama.

“Nah, peraturan atas hasil kesepakatan tersebut berlaku setelah ada keputusan dari FGD yang dilakukan pihak Garuda Indonesia dengan ASTINDO yang juga dihadiri asosiasi lainnya, yaitu ASITA. ASTINDO bersama ASITA dalam pertemuan ini bekerja sama dalam membela kepentingan travel agent di Indonesia. ASTINDO memberikan masukan agar Garuda mengajak stakeholder-nya berdialog terlebih dahulu sebelum memutuskan kebijakan-kebijakan baru, sehingga dapat bersama-sama memutuskan yang terbaik di industrinya masing-masing,” ungkap Elly Hutabarat.

Dijelaskannya kembali ASTINDO berterimakasih kepada manajemen Garuda Indonesia yang membuka dialog dengan ASTINDO sebagai mitra dan tangan Garuda dalam memasarkan dan menjual produk – produk maskapai penerbangan nasional ini. [traveltext.id]

Add comment