Traveltext.id

4 Negara Nordik Gelar Pameran It Came From the North di WTC 2

4 Negara Nordik Gelar Pameran It Came From the North di WTC 2

ADALAH ISA Art Advisory mempersembahkan It Came from the North, koleksi foto yang menggambarkan keindahan alam negara-negara Nordik. Pameran ini berlangsung selama sebulan di lobi WTC 2 Sudirman, mulai dari 19 Februari hingga 22 Maret 2019.

Menurut Deborah C. Iskandar, Founder & Principal of ISA Art Advisory pada pembukaan pameran yang diadakan oleh Jakarta Land di Lobby WTC 2 (19/2) mengatakan It Came from the North mencerminkan keindahan alam di negara-negara Nordik melalu fotografi  landskap tradisional dan dalam bentuk yang abstrak.

“Foto-foto ini memberikan wawasan tentang hubungan unik yang dimiliki masyarakat Nordik dengan alam, menggambarkan mengapa hubungan ini berada ditempat khusus serta bagaimana mereka menerapkan dalam kehidupan keseharian mereka, baik secara individu maupun dalam masyarakat luas,” ujar Deborah C. Iskandar.

Dikatakan, kami mengundang Anda untuk datang dan merasakan serta menyatu dengan keindahan alam negara-negara Nordik melalui karya fotografi sambil mempelajari nilai-nilai yang menyertainya. Melalui pameran ini, kami membawa seni ke ruang publik untuk mendorong lebih banyak orang dalam menghargai seni.

“Pameran ini memperkenalkan hasil karya dari sembilan seniman negara-negara Nordik: Tine Poppe dan Stig Marlon Weston (Norwegia), Nanna Hänninen dan Sandra Kantanen (Finlandia), Mads Peter Iversen dan Astrid Kruse Jensen (Denmark), Stefan Isaksson (Swedia) dan pasangan seniman Inka dengan Niclas Lindergård (masing-masing mewakili Finlandia dan Swedia). Tak hanya itu, hadirnya dua fotografer dari Indonesia, Vicky Tanzil dan Alexander Thian yang mempersembahkan pandangan mereka terhadap bagian Utara,” katanya.

Ditambahkannya, beberapa dari seniman ini dikenal sebagai fotografer landskap, sementara yang lain memiliki pendekatan multi-tematik dan mudah beradaptasi dengan pengalaman artistik mereka. Kesamaan yang mereka miliki adalah apresiasi dan kecintaan terhadap alam.

Pameran ini didukung oleh Kedutaan Besar dari negara-negara Nordik di Jakarta. Duta Besar Rasmus A. Kristensen (Denmark), Jari Sinkari (Finlandia), Vegard Kaale (Norwegia) dan Marina Berg (Swedia) hadir pada acara pembukaan ini.

Sementara menurut Duta Besar Swedia mengatakan It Came from the North mengingatkan kita betapa berharganya alam, serta kaitannya dengan kumpulan identitas kita. Apakah kita berasal dari belahan bumi Utara maupun Selatannmelestarikan dan melindungi lingkungan merupakan keprihatinan dunia yang sudah mendesak.

“Negara-negara Nordik menjadi pemimpin dalam pelestrian lingkungan dan telah berhasil menjalankan industri pengolahan kayu mereka melalui praktek pengelolaan hutan yang berkelanjutan, membuat mereka memiliki kemampuan untuk berbagi ilmu kepada yang lain,” ungkap Duta Besar Swedia. [traveltext.id]