Traveltext.id

ARIEF: SAYA AJAK KAUM MILENIAL PROMOSIKAN WISATA KULINER

Arief: Saya Ajak Kaum Milenial Promosikan Wisata Kuliner

MENTERI Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak kaum milenial mempromosikan destinasi-destinasi wisata kuliner di daerahnya melalui program Millenial Tourism Corner. Kemenpar memiliki berbagai strategi untuk memajukan wisata kuliner Indonesia di antaranya dengan menetapkan destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia antara lain Bali dan Bandung.

“Portofolio bisnis pariwisata kita, 60% orang datang karena faktor budaya. Dari 60% itu, 45% uangnya digunakan untuk kuliner dan belanja. Karena itu, mencicipi masakan Indonesia itu bisa menjadi teaser atau promosi pembuka sebelum mereka terbang ke Indonesia. Dan para milenial harus mempromosikannya,” ujarnya.

Dikatakan, rata-rata pengeluaran wisman untuk keperluan makan dan minum sebesar US$400 atau mencapai 30% dari total pengeluarannya sebesar US$1.200 per wisman dalam satu kali kunjungan. Terlebih dampak wisata kuliner terhadap perekonomian (PDB) nasional, pada 2016 sudah mencapai Rp150 triliun.

“Tren preferensi kuliner lokal ini juga tercermin pada data terbaru yang dikeluarkan oleh BPS dan Bekraf yang menunjukkan PDB ekonomi kreatif Indonesia pada 2016 adalah sebesar Rp923 triliun atau 7,4% dari total PDB negara,” katanya.

Ditambahkannya, Millennial Tourism Corner adalah sebuah program unggulan yang digagas oleh timnya. Ini sebagai sarana pendorong minat generasi milennial untuk terlibat dalam industri pariwisata. Saya berharap kita tidak hanya menjadi penikmat pariwisata Indonesia. Tetapi juga memanfaatkan semua peluang yang ada dalam ekosistem pariwisata dan menjadi bagian di dalamnya.

“Adapun kegiatan Millenial Tourism Corner diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia, dengan konsep road and talkshow. Nantinya konsep akan mengangkat tema berbeda di setiap kota, berdasarkan potensi sektor pariwisata di daerah tersebut,” ungkap Menpar. [traveltext.id]

Add comment