Traveltext.id

BUTUH RP750 RIBU NAIK KERETA MEWAH SLEEPER LUXURY 2

Butuh Rp750 Ribu Naik Kereta Mewah Sleeper Luxury 2

ADALAH PT Kereta Api Indonesia yang meluncurkan generasi baru kereta sleeper dengan nama Luxury 2. Sesuai namanya, kereta ini memang memiliki fasilitas mewah dibandingkan kelas eksekutif. Kereta mewah pertama produksi PT INKA itu diperkenalkan pada pertengahan 2018 lalu.

Menurut Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, saat ini, kereta sleeper Luxury 1 dirangkaikan dengan kereta Argo Bromo Anggrek Luxury relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi. Kemudian, pada momentum yang bersamaan yakni jelang musim angkut Lebaran, KAI kembali mengeluarkan Luxury 2 yang resmi beroperasi Minggu (26/5).

“Kali ini, gerbong kereta sleeper dirangkaikan ke empat kereta yaitu kereta Argo Lawu relasi Gambir-Solo Balapan, kereta Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan, kereta Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta, dan kereta Gajayana relasi Gambir-Malang,” ujarnya.

Dikatakan, pihak PT. KAI memberikan harga promo selama sebulan setelah peluncuran, mulai keberangkatan 26 Mei hingga 26 Juni 2019. Harga tiket promonya dibanderol Rp750.000. Ini sudah dapat makan. Free flow untuk snacksdan minuman.

“Harganya memang jauh lebihntinggi daripada kereta eksekutif. Namun, fasilitasnya juga jauh lebih lengkap dan memanjakan penumpang. Meski tidak terlalu banyak perbedaan, namun terdapat beberapa keunggulan Kereta Luxury 2 daripada pendahulunya,” kata Edi.

Ditambahkannya, berikut fasilitas kereta Luxury 2 yang bisa dinikmati penumpang sepanjang 8 jam perjalanan: (1). Berisi 26 kursi. Satu gerbong kereta sleeper hanya memuat 26 kursi, di mana di satu sisi terdapat dua kursi dan sisi satunya terdapat satu kursi. Bahkan, pada generasi terdahulunya, kereta sleeper hanya memuat 18 kursi.

“(2). Sandaran rebah hingga 140 derajat. Kursi kereta sleeper berbeda dengan jenis kereta lainnya. Dari bagian belakang, bentuknya seperti kapsul yang melindungi kursi berwarna biru itu. Sandaran punggungnya yang empuk dan berbahan kulit itu bisa direbahkan hingga 140 derajat. Selain itu, terdapat bantalan sandaran kaki yang juga bisa dinaikkan hingga sejajar dengan posisi badan yang tiduran. Baik sandaran punggung mauoun sandaran kaki dikendalikan dengan tombol dan bergerak secara otomatis,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali yang ke (3). Colokan power USB. Di sandaran tangan bagian kiri, terdapat tombol untuk menaik turunkan sandaran kursi dan kaki. Selain itu, di bagian bawahnya terdapat satu colokan atau port USB untuk mengisi daya ponsel ataupun gadget lainnya. Anda juga bisa mengisi daya di colokan listrik biasa yang terdapat di dinding kereta.

Ke (4). Layar hiburan. Di bagian belakang kursi, terdapat layar yang menampilkan aneka hiburan untuk penumpang seperti film, games, dan lagu. Posisinya persis seperti layar di kursi pesawat. Layar tersebut juga dilengkapi headphone besar yang nyaman dipakai. Sayangnya, letaknya dirasa terlalu jauh dari jangkauan. Penumpang tidak bisa mengakses layar sambil bersandar di kursi. Penumpang harus memajukan badannya agar bisa menekan layar sentuh tersebut.

(5). Makanan dan snack gratis. Setiap penumpang juga disediakan makanan berat, minuman, dan makanan penutup selama perjalanan. Makanan dan minuman disediakan secara gratis dan dilayani langsung oleh pramugari khusus kereta sleeper. Selaian itu, di gerbong sleeper terdapat minibar, di mana penumpang bisa menikmati minuman dan snack sepuasnya (free flow).

“Adapu yang ke (6). Fasilitas lainnya. Di gerbong kereta sleeper, masih terdapat beberapa fasilitas yang ada di gerbong kereta lainnya seperti selimut dan bantal. Selain itu, di masing-masing kursi terdapat meja lipat dan lampu baca,” ungkapnya. [antaranews/photo special]

Add comment