Traveltext.id

TXOKO RESTORAN TAWARKAN CITARASA MASAKAN BASQUE OTENTIK

UNTUK memudahkan para pecinta makanan di Jakarta kini telah hadir sebuah restoran Spanyol baru, Txoko yang berlokasi di Jl. Suryo No.6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menyajikan hidangan otentik dari Negara Basque, tanpa harus pergi jauh ke sana.

Adalah Oskar Urzelai, seorang chef asal Spanyol berpengalaman yang saat ini tinggal di Jakarta, akhirnya membuka restoran khas masakan Basque otentik, bagian unik dari Spanyol yang terletak di pantai utara negara itu. Oskar sendiri telah berkecimpung di industri F&B selama 20 tahun dan pernah bekerja di beberapa negara.

“Seperti banyak tempat di Spanyol, Basque Country memiliki budaya, identitas, makanan, dan bahkan bahasanya sendiri. Dalam beberapa tahun terakhir, Basque Country menjadi populer dengan masakannya. Makanan selalu menjadi prioritas utama bagi orang yang tinggal di Basque Country, dan apresiasi orang-orang Basque Country terhadap warisan gastronomi mereka diwujudkan dengan antusiasme mereka untuk menemukan metode dan ide-ide baru,” ujarnya saat pengenalan menu restorannya, Kamis (20/6).

Dikatakan, nama Restoran Txoko diambil dari istilah masyarakat gastronomi tertutup di Basque Country di mana teman dan keluarga berkumpul untuk memasak, bereksperimen dengan cara-cara memasak yang baru, makan dan bersosialisasi yang disebut tkoxo dalam bahasa Basque (dibaca cho-ko dan bisa diartikan sudut yang nyaman). Bahkan chef-nya sendiri kami datangkan dari San Sebastian, salah satu provinsi di Basque Country dan terkenal karena masakannya yang lezat.

Namun ketika ditanya alasan membuka restoran khas masakan Basque otentik ini, ia pun lantas menjawab memang sengaja kami ingin menghadirkan sebagian kecil dari Basque Country dan menawarkan makanan Spanyol yang otentik dan unik di Jakarta. Saya rasa market untuk menghidangkan masakan otentik ini masih terbuka lebar dan perlu dicatat restoran yang kami buka ini merupakan restoran Basque satu-satunya yang di kota Jakarta. Jadi saya rasa selain makanannya, kami juga ingin orang-orang yang datang ke sini menikmati tempat ini serta bersenang-senang dengan keluarga dan teman-teman.

“Di restoran ini kami coba menawarkan berbagai jenis tapas dan pinchos, tapas ala Basque, dengan topping dari berbagai macam bahan. Disamping itu pula para tamu juga dapat menikmati 50 anggur pilihan terkenal. Tentunya yang kami sajikan masakan Basque ini dengan dengan produk dan bahan berkualitas terbaik dan menyatukan tradisi kuliner Basque dengan teknik dan presentasi modern baru,” kata Oskar Urzelai.

Ditambahkannya, kami juga menyediakan ruangan untuk pesta tertutup. Fasilitas ruang makannya dibagi menjadi 2 lantai yang bisa menampung hingga 110 tamu dan tersedia untuk berbagai acara seperti pesta, workshop, rapat. Di ruangan private-nya dapat menampung hingga 18 tamu, dan tersedia TV dengan koneksi HDMI untuk presentasi perusahaan/bisnis.

“Nah, untuk menjajal menu khas masakan Basque otentik ini rata-rata dipatok Rp400.000 untuk makan malam 2 orang bagi yang ingin menyantap hidangan khas kami seperti Garlic Prawns Pre-A-Porter, Grilled Octopus with Boletus Cream, Spanish Omelette Lasao, Lamb Shank with Sweet Potato dan Idiazabal Cheese Cake with Honey Ice Cream,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, jangan khawatir di Txoko kami menggunakan bahan-bahan lokal dan yang berkualitas, dimasak dengan campuran teknik tradisional dan modern. Bahkan saat memasuki restoran ini, para tamu bakal disambut oleh nuansa ruangan yang cerah dan bernuansa Mediteranian.

Sayangnya saat ditanya mengenai investasi yang telah dikeluarkan untuk restorannya ini, Oskar menegaskan, “sesuai untuk mewujudkan cinta saya pada dunia kuliner serta tanggung jawab atas seluruh operasional restoran ini mulai dari dapur, produksi, kreasi, kualitas produk, biaya, harga termasuk desain menu, jadi ini adalah yang paling penting bagi saya di sini agar bisa menyajikan citarasa Basque otentik ini ke dalam menu yang saya sajikan di restoran Txoko Jakarta ini. [traveltext.id]