Traveltext.id

DARMIN: HARGA TIKET PESAWAT LCC DOMESTIK DITURUNKAN

PEMERINTAH memutuskan untuk menurunkan harga tiket penerbangan Low Cost Carrier (LCC) domestik. Demikian hasil rapat koordinasi dari evaluasi kebijakan penurunan tiket angkutan udara yang digelar oleh Kementerian Koordinator bidang Perekonomian.

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam konferensi pers di Kemenko Perekonomian, Jakarta mengatakan itu telah diambil kesimpulan dan merumuskan kebijakan penurunan harga tiket penerbangan dari LCC, yang levelnya bukan LCC silakan saja.

“Namun, penurunan harga tiket penerbangan LCC domestik hanya akan dilakukan untuk jadwal penerbangan tertentu saja. Terkait berapa penurunan tarif dan jadwal penerbangan mana saja, Darmin belum bisa menyampaikannya lebih lanjut,” ujarnya.

Dikatakan, berapa pak turunnya? Tunggu saja. Berapa lama? Seminggu dari sekarang akan disampaikan oleh masing-masing (maskapai) penerbangan. (Jadwal) Penerbangan jam berapa? Nanti akan diumumkan oleh masing-masing maskapai untuk LCC domestic.

“Penurunan harga tiket penerbangan LCC domestik dilakukan sebagai respons atas harapan masyarakat yang menginginkan harga tiket pesawat lebih terjangkau. Kebijakan tersebut, akan berlaku efektif dalam satu minggu ke depan. Di sisi lain, untuk menjaga keberlangsungan industri penerbangan, seluruh pihak baik maskapai udara, pengelola bandara dan penyedia bahan bakar penerbangan berkomitmen sama-sama menurunkan biaya yang terkait dengan operasi penerbangan,” kata Darmin Nasution.

Ditambahkannya, pihak kami pun tengah menyiapkan kebijakan pemberian insentif fiskal untuk membantu efisiensi biaya di maskapai. Hal itu menyangkut jasa persewaan, perawatan dan perbaikan pesawat udara, jasa persewaan pesawat udara dari luar daerah pabean serta impor dan penyerahan atas pesawat udara dan suku cadangnya. [photo special]