Traveltext.id

SELAMA MEI 2019, JUMLAH PENUMPANG SIA GROUP NAIK 8,0%

PADA bulan Mei 2019, jumlah penumpang yang diangkut oleh SIA Group (diukur dalam pendapatan penumpang per kilometer) mengalami peningkatan sebesar 8,0% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, melebihi pertumbuhan kapasitas (diukur dalam jumlah kursi yang tersedia per kilometer) sebesar 6,8%. Tingkat keterisian (load factor) penumpang mengalami peningkatan sebesar 0,9% poin persentase menjadi 80,5%.

Adapun load factor Singapore Airlines meningkat sebesar 1,1 poin persentase dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi 79,8%. Jumlah penumpang yang diangkut meningkat sebesar 9,5% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sementara kapasitas bertambah sebesar 8,0%.

Tingkat keterisian meningkat pada sebagian besar wilayah rute penerbangan, terkecuali di Asia Timur dan Amerika yang disebabkan oleh pertumbuhan kapasitas yang signifikan. Berbagai upaya terus dilakukan untuk mempertahankan kinerja RASK (pendapatan per kursi yang tersedia-kilometer) pada beberapa bulan mendatang.

Jumlah penumpang yang diangkut oleh SilkAir mengalami peningkatan sebesar 0,9%, sementara kapasitas mengalami penurunan sebesar 1,2%. Pengalihan rute penerbangan ke Scoot dan penarikan sementara armada Boeing 737 MAX 8 dari layanan telah mengurangi kapasitas SilkAir.

Sementara load factor  SilkAir mengalami peningkatan sebesar 1,6 poin persentase menjadi 75,1%, dengan peningkatan pada seluruh wilayah rute penerbangan. SilkAir menambahkan kota pertamanya di Korea Selatan ke dalam jaringan dengan peluncuran penerbangan langsung menuju Busan mulai dari 1 Mei 2019.

Begitu pula jumlah penumpang yang diangkut oleh Scoot juga mengalami pertumbuhan yang sebanding dengan penambahan kapasitas sebesar 5,2%. Akibatnya, PLF tetap berada pada 85,3%. Sementara itu, load factor Scoot mengalami peningkatan di wilayah Asia Barat, sementara Asia Timur dan wilayah lainnya mengalami penurunan sebagaimana permintaan tidak mengimbangi peningkatan kapasitas.

Selama bulan Mei 2019, Scoot meluncurkan rute penerbangan terbaru menuju Trivandrum dan Wuhan yang sebelumnya dilayani oleh SilkAir. Layanan Scoot ke Bengaluru dan Shenzhen telah dihentikan dan dialihkan ke SilkAir sebagai bagian dari optimalisasi rute dalam SIA Group. Penerbangan ke Honolulu juga ditunda karena lemahnya permintaan.

Tingkat keterisian kargo (CLF) menurun sebesar 2,1% yang dikarenakan oleh penurunan lalu lintas kargo (diukur dalam ton beban kargo per kilometer) sebesar 3,2%, melebihi penyusutan kapasitas kargo sebesar 0,2%. Seluruh wilayah rute penerbangan mengalami penurunan CLF, kecuali Amerika. [traveltext.id/photo special]