Traveltext.id

TCOF SEASON 4 BAKAL TAMPILKAN 16 ACARA UNGGULAN

SETELAH sukses pada penyelenggaraan tahun lalu, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung (Babel) kembali akan menggelar event unggulan Toboali City On Fire (TCOF) Season 4 yang akan berlangsung di Toboali, Bangka Selatan pada 25 -28 Juli  2019 mendatang. 

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat acara Peluncuran Toboali City On Fire di Gedung Sapta Pesona Jakarta, mengatakan TCOF Season 4  akan menampilkan 16 acara unggulan yang memadukan festival budaya, event pariwisata dan event olahraga.   Saya juga mengapresiasi pelaksanaan TCOF yang penyelenggaraannya memasuki tahun keempat dan tahun ini masuk dalam Calender of Event (CoE) 2019. 

“Event TCOF Season 4 ini sudah dikurasi oleh Tim CoE Kemenpar dan telah memenuhi unsur 5 C; Creative value, Commercial value, Communication Value, CEO Commitment serta Consistency. CEO Commitment kepala daerah (gubernur/walikota/bupati) menjadi unsur penting dalam mengembangkan pariwisata karena 50% keberhasilan pariwisata di daerah ditentukan oleh komitmen tersebut,” ujarnya.

Dikatakan, Gubernur Babel dan Bupati Kabupaten Bangka Selatan telah membuktikan komitmennya dalam membangun sektor pariwisata sehingga kemajuan telah dicapai di antaranya Tanjung Kelayang, Belitung ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai satu di antara 10 destinasi pariwisata prioritas atau Bali Baru  serta Kabupaten Bangka Selatan memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Gunung yang jaraknya hanya 7 kilo meter dari Bandara Depati Amir Bangka dikembangkan sebagai fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition) serta lapangan golf.

SementaraGubernur H. Erzaldi Rusman menjelaskan, pariwisata Babel sangat beruntung kini memiliki 3 event unggulan yang masuk dalam 100 CoE WI 2019, yang sebelumnya  hanya 2 event Bangka Cultural Wave Festival (Coming Home Celebration) yang berlangsung di Sungailiat dan Festival Tanjung Kelayang di Belitung, tahun ini bertambah satu event TCOF Season 4  akan berlangsung di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

“Ketiga event unggulan (CoE ) ini, menjadi sarana promosi yang efektif dalam mendatangkan wisatawan (wisman dan wisnus) ke Bangka dan Belitung,” katanya.

Begitu pula dengan Bupati Bangka Selatan H. Justiar Noer yang mengatakan, tujuan diselenggarakannnya TCOF Season 4 antara lain untuk menyadarkan masyarakat Bangka Selatan agar tidak hanya mengandalkan dari timah sebagai basis utama perekonomian, namun bertransformasi ke sektor pariwisata yang terbukti mensejahterakan masyarakat dengan melestarikan alam dan budaya.

“Penyelenggaraan TCOF Season 4, berlangsung selama 4 hari menampilkan 16 acara yang memadukan festival budaya, event pariwisata,  dan event olahraga.  Acara dibuka pada malam hari. Hari pertama  dimulai dengan parade budaya, Toboali Photo Competition, Pameran foto, Ritual Adat Buang Jung berupa melepaskan perahu ke laut,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, hari kedua dilanjutkan dengan Food Vlog Competition, Toboali Expo 2019.  Hari ketiga menampilkan acara Toboali Food Street Festival, Zumba Party, Habang Band Festival dan Bikepacker Tour de Habang. Pada hari keempat atau hari terakhir dilaksanakan Famtrip, Ngalak Telok Serujo 2019, Fashion Carnival,  dan malam puncak menampikan artis-artis ibukota. [traveltext.id]