Traveltext.id

GANJAR: DESA WISATA DI JATENG BAKAL DAPAT ANGGARAN RP1 MILIAR

PEMERINTAH Provinsi Jawa Tengah bakal mengucurkan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk tiap desa wisata sebagai upaya pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang mengatakan targetnya ada 500 desa wisata, namun saat ini Jawa Tengah memiliki 229 desa wisata yang tersebar di 35 kabupaten/kota dan untuk menstimulasinya Pemprov Jateng bakal mengucurkan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk setiap desa wisata dengan ketentuan-ketentuan yang ada.

“Adapun ketentuan-ketentuan yang dimaksud antara lain, pengembangannya bagaimana dan jumlah kunjungannya berapa orang dan untuk menunjangnya akan diberikan dulu dana sebesar Rp100 juta. Pihak pemprov berkomitmen mengembangkan desa wisata sebagai tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo terkait dengan pengembangan pariwisata di Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan, keberadaan desa-desa wisata tersebut bakal dijadikan objek penunjang destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur, Sangiran, Dataran Tinggi Dieng, dan Kepulauan Karimunjawa. Desa akan jadi wisata pendukung, tapi harus diperhatikan kualitas dan keamanan.

“Desa wisata harus ada yang mengontrol, BUMDes harus jadi semacam auditor agar yang ada di sana terkelola, tempatnya aman, kulinernya harganya tidak ‘ngepruk’. Kendati demikian, untuk jadi objek penunjang unggulan, desa wisata harus memiliki konsep yang jelas, khususnya benar-benar menjual kekayaan desa,” kata Ganjar Pranowo. [antaranews/photo special]