Traveltext.id

KEMENPAR AJAK MILENIAL YOGYAKARTA PROMOSIKAN SECARA DIGITAL

KEMENTERIAN Pariwisata mengajak kaum milenial di Yogyakarta memanfaatkan kemajuan teknologi berupa platform digital untuk mempromosikan destinasi wisata di daerahnya.

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan pariwisata saat ini menjadi salah satu penghasil devisa terbesar di Indonesia dengan kontribusi pada 2018 mencapai US$19,2 miliar. Untuk itu anak muda harus memanfaatkan pariwisata bukan hanya sebagai penikmat saja.

“Dalam hal pariwisata. Kalian harus bangga, karena pariwisata telah memberi dampak nyata bagi perkembangan Indonesia. Dengan digital mari promosikan pariwisata. Untuk itu, saya mengajak kaum milenial untuk membantu program pemerintah, melakukan promosi secara masif melalui platform digital,” ujarnya.

Dikatakan, wisatawan milenial memiliki power karena mereka besar dan aktif di dunia maya. Tapi, kondisinya belum terlayani dengan baik. Inilah yang akan dilakukan Kemenpar yakni memfasilitasi kesediaan pariwisata terbaik bagi kaum milenial.

“Zaman sekarang perilaku wisatawan sudah sangat digital. Sekitar 70% travellers melakukan ‘search dan share’ melalui platform digital sehingga, lebih dari 50% inbound travellers yang datang ke Indonesia adalah kaum milenial. Milenial adalah masa depan pariwisata Indonesia. Who Wins the Future, Wins The Game. Ini adalah implementasi kebijakan Kementerian Pariwisata yang serba digital melalui Tourism 4.0,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Millennial Tourism, Gabriella Patricia Mandolang mengatakan, kegiatan ini mendapat antusiasme yang luar biasa dari para audience.MTC memiliki beberapa tujuan penting. Antara lain mendukung upaya pemerintah dalam pemberdayaan SDM, dan menjadikan generasi milenial sebagai perpanjangan tangan pemerintah. Khususnya dalam mempromosikan pariwisata melalui media digital.

Sebelumnya, Millennial Tourism Corner telah lebih dulu menyambangi Jakarta, Bandung, dan Tomohon. Setelah kegiatan di Yogyakarta ini, rencananya Denpasar dipilih menjadi kota berikutnya. [traveltext.id]