Traveltext.id

AP II GANDENG ASTRA DIGITAL HADIRKAN LAYANAN DIGITAL DI BANDARA SOETTA

TERNYATA tingginya mobilitas masyarakat di era digital ini harus diimbangi dengan transportasi yang praktis dan mudah. Menyikapi hal ini PT Angkasa Pura II (Persero) bersama PT Astra Digital Internasional  ingin memfasilitasi kebutuhan mobilitas itu menjadi pengalaman yang lebih baik.

Angkasa Pura II dan Astra Digital sepakat menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) sebagai langkah awal dalam bekerja sama guna menghadirkan layanan di serba digital di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. MoU tersebut ditandatangani, belum lama ini oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dan Presiden Direktur PT Astra Digital Internasional Djap Tet Fa.

Penandatanganan MoU dilakukan di APSpace yang merupakan co-working space premium pertama di Indonesia yang terletak di bandara, tepatnya di Terminal 3 Soekarno-Hatta. APSpace merupakan hasil kolaborasi antara PT Angkasa Pura Solusi, dengan Unionspace yang memiliki reputasi global di bisnis co-working space.

Menurut Presiden Direktur PT Astra Digital Internasional Djap Tet Fa dalam siaran persnya mengatakan adapun melalui MoU yang ditandatangani, Astra Digital nantinya akan menyediakan tiga layanan berbasis aplikasi di Bandara Soekarno-Hatta yaitu Cariparkir untuk memesan slot parkir reguler dan parkir inap khusus mobil, lalu Movic untuk penyewaan mobil dan Sejalan untuk memesan tiket bus.

“Astra Digital berinovasi dan memberikan pelayanan mobilitas yang berbasis digital di bandara. Jadi, masyarakat dapat menikmati kemudahan memarkirkan kendaraan, menyewa mobil, hingga memesan tiket bus melalui layar ponsel,” ujar Djap Tet Fa.

Dikatakan, untuk produk Astra Digital, akan melayani mulai dari CariParkir dengan valet parking dan servis kendaraan (CariServis), lalu Movic akan melayani melalui Airport Rent yang tersedia di Terminal 1, 2, dan 3. Kemudian Sejalan nantinya akan melayani booking tiket bus di bandara. Semua ini untuk memberikan pengalaman digital yang membuat masyarakat nyaman ke bandara dan seru di bandara. Jangan lupa untuk merasakan kemudahannya dan makin sering bepergian.

Sementara Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, layanan Cariparkir, Movic, dan Sejalan ini sesuai dengan upaya perseroan dalam menghadirkan layanan berkonsep millennial travel experience di seluruh bandara yang dikelola termasuk Soekarno-Hatta.

“Melalui program millennial travel experience, peningkatan layanan di bandara-bandara Angkasa Pura II dilakukan dengan digitalisasi. Sekitar 60-70% penumpang pesawat di Soekarno-Hatta adalah generasi millennial sehingga tentunya Angkasa Pura II juga melakukan transformasi digital guna mengakomodir kebutuhan mereka. Di era digital ini penumpang butuh kecepatan dan kenyamanan, itu bisa didapat dari teknologi,” kata Muhammad Awaluddin.

Ditambahkannya, kami berharap MoU antara Angkasa Pura II dan Astra Digital ini dapat membuka kesempatan untuk berkolaborasi lebih luas lagi sehingga kedua pihak bisa menghadirkan layanan berbasis digital di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Melalui transformasi digital, Angkasa Pura II terus melakukan upaya peningkatan pelayanan di bandara-bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II.

“Digitalisasi yang dilakukan di samping demi peningkatan pelayanan juga diharapkan menjadi sumber pendapatan baru bagi perseroan. Angkasa Pura II tengah fokus mencari sumber pendapatan dari bisnis non-core dan salah satunya kami melihat adanya peluang untuk menjadikan area digital sebagai sumber pendapatan yang baru,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, Astra Digital dan Angkasa Pura II akan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanannya secara digital kepada seluruh masyarakat. Tidak tertutup kemungkinan Astra Digital menambah pelayanannya di bandara selain yang disebut di atas. [photo special]