Airlangga: Saya Dorong Indonesia Jadi Pusat Fesyen Muslim Dunia

MENTERI Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan saya mengapresiasi kepada para para perancang dan pendukung kegiatan tersebut dan pemerintah mendorong Indonesia bisa jadi pusat fesyen muslim dunia.

"Ini juga menggarisbawahi program Presiden Jokowi dimana pendidikan vokasi harus menjadi arus utama. Setelah membangun infrastruktur tahun ini, sumber daya manusia menjadi prioritas berikutnya, termasuk bidang kreatif," ujarnya.

Dikatakan, oleh karena itu, pihak Kementerian Perindustrian juga harus mendorong pendidikan sekolah kejuruan agar bisa melahirkan perancang muda untuk tampil dan menjangkau pasar yang luas. Untuk itu diharapkannya kegiatan ini akan mendatangkan pembeli dari luar negeri.

"Pada pameran lain sudah pembeli luar negeri yang datang seperti pada produk furnitur dan otomotif. Kita undang sebanyak-banyaknya karena ini cara yang efisien dibanding kita kirim ke luar yang hanya bisa sedikit," katanya.

Ditambahkannya, etika lokal busana Muslim Indonesia mempunyai ciri khas yang sangat jelas. Itu karena busana Muslim Indonesia sangat bervariasi dan terbuka kreasinya serta tampilannya yang sangat luar biasa.

"Ini bisa membawa Indonesia bisa bersaing dengan brand internasional. Ini impian pelaku industri mode, kita ingin jadikan Indonesia pusat mode dunia. Jadi membawa dunia ke Indonesia, jadi kami sangat berharap bagaimana pembeli dari luar negeri dibawa ke Indonesia," ungkapnya. [antaranews/photo special]