Budi: Saya Pastikan Tarif Penerbangan LCC Bisa Ikut Turun

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan tarif penerbangan bertarif rendah atau low cost carrier (LCC) dapat ikut turun. Sebelumnya pemerintah telah memutuskan penurunan tarif batas atas bagi maskapai full service dan LCC akan mengikuti perubahan tarif full service.

"Mekanisme yang terjadi otomatis kalau full service dikurangi atau dia turun, otomatis LCC akan turun. LCC diakui bersaing dengan menggunakan tarif rendah. Oleh karena itu LCC akan menjaga harga tiket lebih rendah dibandingkan dengan tarif full service,” ujarnya.

Dikatakan, penurunan tarif LCC bisa turun hingga 50% pada minggu ini. Sementara untuk tarif full service sudah dilakukan sosialisasi terkait keputusan penurunan tarif batas atas 12% hingga 16%.

"Diputuskan bahwa tarif batas atas kita koreksi antara 12% hingga 16%, namun rata-rata pengurangan itu 14% hingga 16%. Meski begitu, tidak ada sanksi bagi maskapai yang tidak menurunkan tarifnya. Namun, setiap maskapai harus memastikan tarifnya berada di bawah tarif batas atas yang telah ditentukan,” kata Menhub Budi. [antaranews/photo special]