Traveltext.id

BASUKI: KEMENTERIAN PUPR ANGGARKAN RP72 TRILIUN UNTUK 5 DESTINASI PRIORITAS

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) anggarkan Rp7,2 triliun guna pembangunan infrastruktur dasar di lima destinasi super prioritas di tahun depan. Adapun pembangunan tersebut meliputi sumber daya air, jalan & jembatan, permukiman, dan perumahan.

Menurut Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR mengatakan guna mengejar target pembangunan infrastruktur dasar di lima destinasi super prioritas pihak Kementerian PUPR meningkatkan anggaran. Tak tanggung-tanggung peningkatannya mencapai 6x lipat atau 323,53%. Anggaran tahun depan Rp7,2 triliun, tahun ini Rp1,7 triliun.

“Wajar saja, hal tersebut tak lepas dari Presiden Jokowi yang menginginkan infrastruktur dasar di lima destinasi super prioritas rampung di tahun depan. Adapun hal tersebut disebut sebagai tanggung jawab kepada investor,” ujarnya.

Dikatakan, adapun kelima destinasi super prioritas tersebut yakni, Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang. Dipaparkan, untuk pembangunan sumber daya air dari kelima destinasi super prioritas sebesar Rp537,27 miliar. Kemudian, jalan & jembatan sebesar Rp3,17 triliun.

“Selanjutnya untuk permukiman dan perumahan, yang juga termasuk sanitasi secara berurutan dianggarkan sebesar Rp2,07 triliun dan Rp1,49 triliun. Dukungan infrastruktur Kementerian PUPR saya kira sesuai dengan visi Bapak Presiden untuk meningkatkan mempercepat pembangunan fasilitas di 5 destinasi,” kata Menteri Basuki. [traveltext.id]