Traveltext.id

GOJEK & BLIBLI DUKUNG PARIWISATA MELALUI PLATFORM DIGITAL

DUA perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Dua perusahaan itu sepakat menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang dilakukan Plt. Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani dengan Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek, Shinto Nugroho dan Senior Vice President (SVP) Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gautama. Momentum ini juga disaksikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Gojek dimaksudkan untuk mempersiapkan infrastruktur lokal dalam menghadapi digitalisasi pariwisata. Fokusnya ada tiga yakni pelayananan kemudahan berwisata, peningkatan kualitas SDM, serta promosi dan pemasaran pariwisata.

Menurut Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek, Shinto Nugroho mengatakan salah satu tantangan dalam proses digitalisasi pariwisata adalah kesiapan sumber Daya Manusia (SDM) seperti penyedia jasa kuliner, pengelola destinasi wisata, penyedia pijat tradisional yang sulit bersaing di era digital ini. Gojek melihat peluang bagi sektor pariwisata untuk bergabung dengan ekosistem Gojek agar dapat memanfaatkan teknologi secara efektif sehingga tetap relevan dan kompetitif.

“Gojek berharap kontribusi ini nantinya dapat ditingkatkan melalui  digitalisasi sektor wisata. Diharapkan, kerja sama ini dapat menjadi wadah bagi seluruh pihak untuk terus tumbuh bersama dalam mengembangkan pariwisata nasional,” ujarnya.

Dikatakan, sebelumnya, Gojek telah memiliki komitmen dengan beberapa pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisatanya seperti Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, Kota Makassar, Kota Semarang, Kota Pekanbaru, Kota Banda Aceh, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Toba-Samosir (Tobasa).

Begitu pula menurut Senior Vice President Product Category Blibli.com, Lay Ridwan Gautama mengatakan, pihak kami tertarik bekerja sama dengan Kemenpar dalam hal promosi wisata di 10 destinasi prioritas dan 88 wisata strategis lainnya. Kedua pihak akan mengangkat sektor wisata dan ekonomi kreatif yang terkait ke UMKM.

“Lebih lanjut, mengenai bentuk kerja sama, Blibli.com akan membuat page khusus yakni Microsite Wonderful Indonesia. Page ini akan menekankan pada highlight destinasi-destinasi wisata prioritas dari Kementerian Pariwisata serta pelaku usaha pariwisata yang menyediakan paket dan produk wisata,” kata Lay Ridwan.

Ditambahkannya, kami sangat senang dapat berkontribusi bagi perkembangan pariwisata Indonesia serta mendukung perkembangan potensi ekonomi kreatif dari ekosistem ini. Para UMKM menjadi aset penting dalam memperkenalkan produk-produk lokal Indonesia bagi para wisatawan. Dengan adanya pelatihan dan penjualan produk di Blibli.com, mereka berkesempatan untuk memasarkan produk mereka hingga ke seluruh Indonesia.

Sementara menanggapi kerja sama tersebut, Plt. Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, pihak Kemenpar menyambut baik kerja sama co-branding dengan Blibli.com dan Gojek. Kemajuan dunia digital memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan promosi industri pariwisata.

“Kedua kerja sama ini dapat mendukung kita melalui rangkaian promosi destinasi-destinasi prioritas dan dukungan terhadap para pelaku UMKM guna mengembangkan produknya secara online serta melalui layanan Gojek sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi. Melalui platform dan teknologi yang dimiliki oleh kedua perusahaan, akan banyak potensi-potensi terkait usaha pariwisata yang bisa dikembangkan bersama,” ungkap Giri. [traveltext.id]

[traveltext.id]