Traveltext.id

GANJAR: SAYA USUL PELABUHAN TANJUNG EMAS UNTUK WISATAWAN

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, diperuntukkan khusus untuk wisatawan dan terpisah dari industri.

“Untuk kegiatan industri, saya meminta pemerintah memindahkannya ke Pelabuhan Kendal. Pihak kami sedang mengonsep pembangunan dua pelabuhan besar yakni Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Kendal,” ujarnya.

Dikatakan, harapannya, dua pelabuhan itu dapat berdampak positif dengan potensi pelayaran internasional. Kita sedang mengembangkan dua pelabuhan itu, bukan tidak mungkin, jalur pelayaran Selat Malaka akan berpengaruh pada perairan Jateng.

“Adapun usulan itu sudah disampaikan ke pemerintah pusat agar segera ditindaklanjuti. Kami sudah dua kali rapat dengan presiden terkait rencana ini,” kata Ganjar.

Ditambahkannya, realisasi pembangunan Pelabuhan Kendal saat ini sedang dalam proses, namun meminta agar realisasi itu dilakukan cepat karena Pelabuhan Tanjung Emas sekarang sudah terlalu ramai.

“Ini tadi barusan dari Pelindo II mau paparan terkait pembangunan Pelabuhan Kendal, mereka sudah siap memaparkan, tinggal nanti eksekusinya seperti apa,” ungkapnya. [antaranews/photo special]