Traveltext.id

GARUDA AKHIRNYA BUKA RUTE DENPASAR-MEDAN-AMSTERDAM

MASKAPAI Penerbangan Garuda Indonesia mulai 1 Oktober 2019 resmi akan melayani penerbangan Denpasar-Medan-Amsterdam. Sebelumnya, Garuda Indonesia sudah memiliki rute penerbangan Jakarta-Amsterdam pp.

Menurut Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah dalam siaran persnya mengatakan penerbangan Denpasar-Medan-Amsterdam tersebut dilayani dengan armada Airbus A330-200 berkapasitas 222 penumpang dengan konfigurasi kursi 36 kelas bisnis dan 186 kelas ekonomi sebanyak 6 (enam) kali dalam seminggu yaitu setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu.

“Adapun penyesuaian rute penerbangan ini untuk memperkuat konektivitas jaringan penerbangan internasional serta memenuhi demand market yang tinggi khususnya dari Amsterdam menuju Denpasar. Bagi penumpang yang sebelumnya telah memiliki tiket penerbangan Jakarta-Amsterdam akan kami terbangkan melalui Kualanamu dari Jakarta untuk kemudian melanjutkan penerbangan menuju Amsterdam, demikian juga sebaliknya,” ujarnya.

Dikatakan, Medan dinilai berpotensi bagi wisatawan Eropa yang hendak berkunjung ke Danau Toba. Pilihan penerbangan tersebut sekaligus menjadikan Medan sebagai salah satu hub transit penerbangan di domestik dan internasional.

“Sebagai salah hub penerbangan terpadat di Indonesia bagian barat, Medan menjadi pilihan strategis bagi Garuda Indonesia dalam menyediakan konektivitas layanan penerbangan yang lebih beragam menuju Amsterdam maupun sebaliknya,” kata Pikri.

Ditambahkannya, Denpasar juga merupakan destinasi penerbangan yang menjadi salah satu hub wisatawan mancanegara dari Australia maupun Asia. Layanan penerbangan Denpasar- Kualanamu – Amsterdam ini juga dapat terhubung langsung dengan penerbangan dari Jakarta, mengingat saat ini Medan dan Denpasar memiliki sedikitnya empat puluh layanan penerbangan per harinya dari dan menuju Jakarta. Dengan demikian pilihan koneksi penerbangan dari Jakarta maupun Denpasar.

Dijelaskannya kembali, penerbangan Denpasar-Medan-Amsterdam dilayani dengan GA 088 yang berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai pada pukul 20.25 LT dan akan tiba pukul 23.15 LT di Bandara Internasional Kualanamu dan kemudian akan diberangkatkan menuju Amsterdam pada pukul 23.55 LT dan tiba di Bandara Internasional Schipol pada pukul 07.50 LT.

“Sementara itu penerbangan dari Amsterdam akan dilayani dengan GA 089 berangkat dari Bandara Internasional Schipol pada pukul 12.05 LT dan akan tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Medan pada pukul 06.25 LT kemudian akan berangkat kembali menuju Denpasar pada pukul 07.05 LT dan akan tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai pada pukul 11.05 LT,” ungkapnya. [photo special]