Traveltext.id

TRIP.COM GANDENG TRIPADVISOR JALIN KEMITRAAN STRATEGIS

TRIP.com Group Limited, sebelumnya dikenal sebagai Ctrip.com International Ltd. dan TripAdvisor Umumkan kemitraan strategis untuk memperluas kerja sama global, termasuk pembentukan usaha patungan, perjanjian konten global, serta tata kelola perusahaan.

Ctrip Investment Holding Ltd., anak usaha Trip.com Group, telah membentuk usaha patungan dengan anak usaha TripAdvisor, yakni TripAdvisor Singapore Private Limited. Trip.com Group menjadi pemegang saham mayoritas pada entitas patungan ini, serta memberikan dana tunai dan keahlian pasar. TripAdvisor akan memegang 40% saham usaha patungan tersebut.

Selain itu, TripAdvisor juga berkontribusi terhadap lisensi penggunaan merek secara eksklusif dalam jangka panjang. Lisensi ini juga menyangkut konten dan aset-aset lain dari bisnis TripAdvisor di Tiongkok. Kedua perusahaan sepakat untuk berbagi inventori dalam kategori perjalanan wisata untuk usaha patungan ini. Entitas patungan ini akan beroperasi secara global sebagai TripAdvisor China.

Trip.com Group dan TripAdvisor juga menjalin kerja sama konten global. Kerja sama ini mencakup distribusi konten pilihan dari TripAdvisor bagi merek-merek utama milik Trip.com Group, termasuk Trip.com, Ctrip, Skyscanner dan Qunar.

Di samping itu, Trip.com Group dan TripAdvisor meneken Perjanjian Tata Kelola Perusahaan. Sesuai perjanjian tersebut, Trip.com Group akan memiliki hak nominasi untuk satu posisi komisaris TripAdvisor, Inc. setelah izin terkait diperoleh dari instansi berwenang. Untuk mempertahankan hak atas satu posisi komisaris, Trip.com Group akan mengakuisisi 6,95 juta lembar saham TripAdvisor atau saham TripAdvisor senilai US$317,6 million.

Kemitraan strategis bercakupan luas ini memadukan kepemimpinan pasar Trip.com Group dalam pemesanan perjalanan wisata dan tujuan wisata terbaik, serta keahliannya di pasar pariwisata Tiongkok, dengan keunggulan merek, segudang konten buatan pengguna, bank data tentang atraksi wisata, serta tujuan wisata terbaik milik TripAdvisor. Kemitraan strategis tersebut menjadi langkah penting dalam upaya Trip.com Group guna mewujudkan visi global dengan layanan yang lebih baik, serta berperan penting bagi TripAdvisor untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin sektor pariwisata global.

Menurut Stephen Kaufer, President & Chief Executive Officer, TripAdvisor mengatakan kami gembira bermitraan strategis dengan Trip.com Group. Kemitraan ini akan memperluas jangkauan global TripAdvisor dan membantu para wisatawan Tiongkok yang ingin berlibur ke luar negeri agar mereka bisa merencanakan liburan yang lebih bermakna,” ujar Stephen Kaufer.

Dikatakan, Tiongkok ialah salah satu pasar pariwisata terbesar dan memiliki perkembangan terpesat di dunia. Trip.com Group memiliki sejumlah merek mapan dan kepemimpinan pasar. Dengan demikian, Trip.com Group tampil sebagai mitra ideal untuk mewujudkan target-target jangka panjang kami di Tiongkok.

Sementara Jane Sun, CEO, Trip.com Group mengatakan TripAdvisor merupakan platform perjalanan wisata global yang terkemuka dan berperan sebagai mitra ideal bagi Trip.com Group,. Dalam ekspansi kami di luar negeri, Trip.com Group tak hanya perlu menawarkan akses mudah terhadap inventori pariwisata global, namun juga berbagai ulasan, opini, dan foto yang dibuat wisatawan lain. Kami sangat senang dengan kemitraan strategis tersebut. Kemitraan ini akan terus meningkatkan pengalaman liburan para pelanggan kami di seluruh dunia. [id.prnasia.com/photo special]