Traveltext.id

WISHNUTAMA: KINI TREN PARIWISATA GLOBAL BERUBAH KE ARAH CHS

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyebut tren pariwisata secara global berubah menjadi lebih fokus ke arah Cleanliness, Health, and Safety (CHS).

“Tren pariwisata ke depan akan ada perubahan, beberapa hal yang jadi concern kebersihan, kesehatan, keselamatan, clean health and safety,” ujar Wishnutama Kusubandio setelah Rapat Terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi (melalui video conference) dengan topik Tatanan Normal Baru di Sektor Pariwisata yang Produktif dan Aman COVID-19 dari Istana Merdeka Jakarta.

Ditambahkannya, di samping itu, tren pariwisata kata dia juga akan mengarah ke quality tourism atau pariwisata berkualitas yang tidak lagi menekankan pada kuantitas atau mass tourism. Oleh karena itu, pihaknya menjadikan faktor-faktor tersebut sebagai standar baru bagi pariwisata Indonesia untuk menghadapi new normal.

“Kemenparekraf memang sudah mencanangkan quality tourism dan sudah disiapkan sebelum COVID-19 ini. Adapun faktor-faktor tersebut menjadi hal yang memang lebih dibutuhkan saat era new normal ini,” katanya.

Dijelaskannya kembali, Presiden menyampaikan persiapan-persiapan ini harus dilakukan teliti detail dengan masing-masing kepala daerah, dengan faktor kehati-hatian, dengan pengawasan dan pengendalian protokol yang sangat ketat.

Wishnutama menambahkan, Pemerintah juga dalam masa ini terus mempersiapkan infrastruktur destinasi, bandara, pelabuhan, hingga desa-desa wisata sebagai destinasi. Selain itu, sektor ekonomi kreatif sebagai pendukung pariwisata juga dipastikan kesiapannya.

“Kita nanti akan fokus ke wisatawan domestik dulu, kita koordinasi secara intensif dengan tahapan-tahapan protokol kesehatan,” tuntasnya. [photo special]