Traveltext.id

MULAI PULIH, KINI MALAYSIA FOKUS PULIHKAN PARIWISATA DOMESTIKNYA

SETELAH mulai pulih dari pandemi COVID-19, Malaysia memasuki masa transisi untuk menerapkan fase normal baru (new normal era), termasuk dalam bidang pariwisata.

Menurut Timbalan Ketua Pengarah Tourism Malaysia Zulkifly Md Said mengatakan, Malaysia saat ini fokus memulihkan pariwisata domestik sebelum kembali menerima wisatawan asing. Warga Malaysia di dalam boleh berkunjung ke negeri-negeri di dalam negeri Malaysia.

“Karena wisatawan asing belum diperbolehkan memasuki wilayah Malaysia, termasuk mereka yang punya tujuan berobat. Saat ini Malaysia Healthcare Travel Council sedang membuat prosedur operasi standard dalam menerima pasien dari luar Malaysia, memastikan tak ada risiko penyebaran virus corona (COVID-19).

Dikatakan, sembari menantikan situasi kembali normal, protokol kesehatan sedang digodok untuk menyambut lagi para wisatawan berwisata ke Malaysia. Kita harus menerima fakta bahwa sekarang traveling takkan seperti dulu, new normal, akan ada banyak requirement.

“Malaysia bakal siap menerima wisatawan Indonesia ketika kedua belah pihak betul-betul sudah pulih dan siap kembali menggerakkan industri pariwisata. Bahkan kapan waktunya sudah tiba, Malaysia akan promosi besar-besaran untuk menarik wisatawan Indonesia,” kata Zulkifly.

Zulkifly menambahkan, adapun tren penambahan kasus positif COVID-19 di Malaysia secara harian sudah menurun. Per 11 Juni 2020, tercatat ada 8.369 kasus positif di Malaysia, 7.065 sudah dinyatakan sembuh dan masih ada 1.186 kasus masih dalam perawatan.

“Kami berharap pandemi COVID-19 dapat segera semakin membaik lagi, baik itu di Malaysia, di Indonesia dan juga di negara-negara ASEAN lainnya agar industri pariwisata regional dapat segera bergerak lagi,” tuntasnya. [traveltext.id/photo special]