Traveltext.id

BEPERGIAN DENGAN KERETA DARI & KE JAKARTA, TIDAK PERLU SIKM LAGI

PARA pelancong kini dapat lebih mudah untuk naik kereta api (KA) jarak jauh dengan relasi dari dan menuju DKI Jakarta setelah syarat Surat Izin Keluar masuk (SIKM) DKI Jakarta sudah ditiadakan oleh Pemprov DKI Jakarta sejak Selasa (14/7).

Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus mengungkapkan mulai keberangkatan Rabu (15/7), syarat SIKM digantikan dengan mengisi Corona Likelihood Metric (CLM) pada aplikasi JAKI yang dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

“Pelancong diminta untuk tetap memenuhi protokol kesehatan ketika bepergian dengan menggunakan kereta api. Masyarakat diminta jujur mengenai kondisinya dalam mengisi CLM,” katanya dalam siaran persnya.

Dikatakan, selain itu masyarakat yang ingin menggunakan KA jarak jauh pada masa adaptasi kebiasaan baru tetap diminta untuk menunjukkan Surat Bebas COVID-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau rapid test, serta menginstal dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi.

“Secara umum, setiap pelanggan kereta api tetap diharuskan dalam kondisi sehat seperti tidak menderita flu, pilek, batuk, demam, suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius, wajib menggunakan masker, menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan. Kemudian traveler KA jarak jauh juga harus mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan,” kata Joni Martinus.

Ditambahkannya, nah untuk pelanggan dengan usia di bawah 3 tahun, pelancong menyediakan sendiri face shield pribadi. Protokol tersebut harus dipatuhi mulai dari keberangkatan, selama di dalam perjalanan, dan sampai di stasiun tujuan. Tujuannya agar kereta api menjadi moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujua.

“Per 13 Juli, rata-rata volume harian KA jarak jauh pada Juli adalah sebanyak 6.494 pelanggan per hari, naik 192% dibanding rata-rata volume harian pada juni sebanyak 2.223 pelanggan per hari. Kenaikan tersebut ditunjang dengan bertambahnya perjalanan KA yang dioperasikan. KAI akan terus menambah jumlah perjalanan kereta api secara berkala, sebagai komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin bepergian menggunakan kereta api,” tuntasnya. [binis.com/photo special]