Traveltext.id

RI Hadir di Congress Internasional d’Aesthetique and Spa Paris 2018

RI Hadir di Congress Internasional d’Aesthetique and Spa Paris 2018

KEMENTERIAN Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, dan VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) untuk Perancis berpartisipasi pada pameran pariwisata Congress International d’Aesthetique and Spa Paris, akan berlangsung di Hall 5 Paris Expo, Porte de Versaille, pada 7-9 April 2018 mendatang.

Keikutsertaan Indonesia yang baru pertama kali ini langsung mendapat kehormatan sebagai guest country, kesempatan yang strategis ini akan dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan Spa Indonesia kepada pebisnis spa di Paris, Perancis. Negara ini menjadi salah satu target pasar wisatawan mancanegara (wisman) untuk kawasan Eropa.

Menempati ruang pamer seluas 56 m2, booth Indonesia menampilkan produk spa tradisional dan modern Jawa dan Bali sebagai daya tarik utama, sedangkan daya tarik lainnya industri minuman tradisional Indonesia (jamu) dan  industri pariwisata (hotel dan tour agent/tour operator) yang menjual paket wisata dan destinasi spa di Indonesia) serta coffee corner. Sebagai negara yang mendapat kehormatan menjadi guest country, akan mengadakan workshop spa Indonesia tentang Spa Jawa dan Spa Bali, bertempat di panggung utama Congress International d’Esthetique and Spa. Selain itu, panitia juga mengadakan workshop body painting dengan tema Indonesia.

Seperti diketahui bahwa tradisi merawat tubuh telah dilakukan oleh masyarakat Jawa dan Bali sejak ratusan tahun lalu. Di Jawa, khususnya Yogyakarta, sejarah spa tercatat dimulai sejak bertahta Sultan Hamengkubuwono (Istana Raja Yogyakarta) membangun Taman Sari tahun 1789. Taman Sari adalah rumah pemandian bagi keluarga kerajaan (raja, ratu dan pangeran serta para putri mereka). Terbukti  ditemukan relief spa di Candi Borobudur. Sedangkan berkaitan keberadaan spa di Bali, ditandai oleh situs Tirta Gangga (Tirta = Air, Gangga = sungai suci di India) atau rumah pemandian yang dibangun pada era Kerajaan Gianyar.

Bali menjadi salah satu destinasi pariwisata spa kelas dunia. Bali telah menerima beberapa penghargaan bergengsi sebagai destinasi Spa terbaik (Best Spa Destination) di antaranya dari World Luxury Spa Award.

Menurut Deputi Bidang Pemasaran II Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Nia Niscaya mengatakan, Perancis menjadi salah satu fokus pasar untuk wilayah Eropa, tahun 2016 memberikan kontribusi sebanyak 250.921 wisman. Tahun 2017 kunjungan wisman Perancis ke Indonesia sebanyak 268.989 wisman atau meningkat  7,20% dibandingkan tahun 2016.

“Perancis, Inggris, Jerman, Belanda, dan Italia  merupakan lima besar pasar Eropa, dalam beberapa tahun terakhir ini menunjukkan trend meningkat dengan nilai pasar (market value) pengunjung dari negara-negara tersebut mencapai lebih dari US$1 juta dengan rata-rata lama menginap dua minggu atau 13,97 hari,” ujarnya.

Dikatakan, dalam upaya mencapai target kunjungan 17 juta wisman pada tahun 2018, Kemenpar bersama pelaku (industri) pariwisata telah meluncurkan program ViWI (Visit Wonderful Indonesia), terdiri dari; Hot Deals: More for Less (merupakan paket bundling tiket internasional dengan transportasi domestik;  100 Calencer of Event (CoE) Wonderful Indonesia  yang digelar dalam satu tahun penuh di seluruh Indonesia; dan  Digital Destination merupakan produk berbasis pengalaman yang dibuat untuk melayani pasar yang aktif di media sosial.

“Peluncuran Program  ViWI  2018 ini dimaksudkan untuk meningkatkan kunjungan wisman, khususnya yang menjadi fokus pasar, antara lain; China, India, dan Eropa dengan mempromosikan dan menawarkan paket-paket wisata yang menarik dan banyak digemari, di antaranya paket wisata spa menjadi salah satu paket favorit wisman Eropa. Pameran pariwisata Congress International d’Aesthetique and Spa 2018, diikuti sebanyak  200 peserta pameran dan selama tiga hari diperkirakan dikunjungi sebanyak 28.000 pengunjung,” kata Nia. [traveltextonline.com]