Traveltext.id

Malang, Labuan Bajo & Sumba Paling Banyak Dicari di Google

Malang, Labuan Bajo & Sumba Paling Banyak Dicari di Google

PELANCONG asal Indonesia kini tak hanya didominasi mereka yang berasal dari kota besar tetapi masyarakat asal kota tier 2 makin tertarik untuk berpergian. Kota-kota lapis kedua juga mulai menampakkan geliatnya sebagai tujuan wisata.

Berdasarkan data yang dihimpun Google, tahun ini pertumbuhan pencarian hal-hal berbau perjalanan yang diakses dari kota-kota tier 2 seperti Padang, Bandar Lampung, Malang, Solo, Pekanbaru, Pontianak, Kuta, dan Balikpapan sangat pesat yakni mencapai 45%.

Menurut Industry Manager – Travel Google Indonesia Zulfi Rahardian mengatakan sebaliknya, meski masih mendominasi, pencarian yang berasal dari kota-kota utama seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan hanya tumbuh 18% saja dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ini menunjukkan bahwa masyarakat di secondary city sekarang makin suka travelling.Selain itukota-kota kedua juga semakin terkenal dan dicari orang sebagai destinasi berpergian. Malang sebagai kota dengan peningkatan pencarian tertinggi selama 2 tahun belakangan,” ujarnya.

Dikatakan, kata kunci yang berhubungan dengan Kota Malang misalnya “wisata Malang”, “wisata Batu Malang”, “hotel di Batu”, “Jatim Park 2”, “Batu Secret Zoo”, “Museum Angkut”, dan lainnya mencari topik yang kerap dicari di mesin pencarian Google.

“Selain Malang, Zulfi menyebut lokasi yang jadi pencarian favorit calon pelancong adalah Labuan Bajo dan Sumba. Tercatat jelang masa liburan akhir tahun 2017, pencarian untuk kata kunci seperti “hotel Labuan Bajo”, “wisata komodo”, “Labuan Bajo Flores”, “tiket ke Sumba”, “Sumba Barat”, “Sumba Timur”, dan “Nihiwatu” naik dengan pesat,” katanya.

Ditambahkannya, tak mustahil destinasi-destinasi tersebut dapat memuncaki daftar pencarian untuk beberapa tahun ke depan. Pada tahun ini, daftar destinasi lokal yang paling banyak dicari memang masih diduduki berturut-turut oleh Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Badung (Kuta), dan Surabaya.

“Sementara untuk destinasi luar Indonesia kata kunci yang berhubungan dengan Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Tokyo, dan Hong Kong masih jadi pencarian utama. Disusul oleh destinasi lainnya seperti Dubai, Seoul, Sydney, Paris, dan Melbourne,” ungkap Zulfi. [bisnis.com/photo special]