Traveltext.id

Faik Fahmi: 2019, AP I Targetkan Layani 101 Juta Penumpang

Faik Fahmi: 2019, AP I Targetkan Layani 101 Juta Penumpang

DIREKTUR Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menyampaikan PT Angkasa Pura I (Persero) menargetkan pada 2019 akan melayani lebih dari 101 juta penumpang di 13 bandara yang berada dalam pengelolaannya, lebih tinggi dibanding 2018 yang mencapai 96,5 juta penumpang.

“Kinerja perusahaan dalam beberapa tahun terakhir ini memang alami pertumbuhan positif, selain jumlah penumpang yang setiap tahun cenderung meningkat juga pendapatan dan laba perusahaan,” kata Faik Fahmi.

Dikatakan, dari sisi trafik, perusahaan telah melayani 96,5 juta penumpang di 13 bandara, tumbuh 7,6%  jika dibandingkan dengan tahun 2017 dengan 89,7 juta penumpang. Sementara dari sisi keuangan, perseroan juga berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp8,98 triliun (audited), dengan laba setelah pajak sebesar Rp2 triliun (audited), meningkat 41,28% dibandingkan tahun 2017.

“Swedangkan untuk tahun 2019 ini, perusahaan mentargetkan pendapatan sebesar Rp10,2 triliun, dengan laba bersih di atas Rp2 triliun. Sebagai BUMN, ada sejumlah peran utama yang harus dijalankan, yaitu sebagai korporasi negara yang mendapatkan tugas untuk mengelola dan mengusahakan bisnis jasa kebandarudaraan, memperoleh laba, dan memberikan dividen bagi negara,” katanya.

Ditambahkannya, selain itu memiliki peran sebagai infrastruktur negara, yang membangun konektivitas udara melalui pengembangan dan pembangunan bandara. Disamping itu Angkasa Pura I juga sebagai agent of development, dengan turut mendorong pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat dan pengembangan wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), melalui pengembangan jaringan penerbangan maupun pengembangan bandara di wilayah-wilayah yang sedang berkembang.

“Saya ingin memastikan seluruh peluang yang ada dalam proses pengembangan bisnis ini dapat kita manfaatkan sebaik mungkin, serta mampu mendorong pertumbuhan bisnis kita ke depan secara lebih efektif, yang manfaatnya bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat luas,” ungkap Faik.

Dijelaskannya kembali dengan visi baru ini diharapkan akan memperkuat tekad Angkasa Pura I untuk mewujudkan bandara-bandaranya menjadi bandara yang lebih melayani, mengedepankan kultur ke-Indonesiaan, sehingga dapat memberikan pengalaman berkesan yang tak terlupakan kepada seluruh pengguna jasa bandara. Memasuki 2019 perusahaan juga memperbarui visi menjadi lebih progresif, yaitu Connecting The World Beyond Airport Operator with Indonesian Experince. [antaranews/photo special]