Traveltext.id

WISHNUTAMA: TAK ADA WACANA UNTUK WISATA HALAL DI TOBA & BALI

TERKAIT beredarnya pemberitaan di media yang berjudul Wishnutama dan Angela bakal sulap Toba dan Bali Ramah Wisman Muslim, dengan ini saya sampaikan bahwa saya tidak pernah mengeluarkan wacana wisata halal di Toba dan Bali dan  mengeluarkan pernyataan sebagaimana yang diberitakan oleh sebuah media nasional, akan menyulap Toba dan Bali sebagai destinasi wisata ramah wisman Muslim.

Menurut Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan saya juga menyesalkan jika pemberitaan mengenai hal tersebut telah mengundang polemik dikalangan masyarakat termasuk para pelaku industri dan insan pariwisata di Tanah Air. 

“Persepsi yang muncul atas pemberitaan tersebut juga sangat bertolak belakang dengan pandangan  dan komitmen saya dalam menghargai budaya, kearifan lokal dan  keberagaman. Untuk itu pula saya memohon maaf atas ketidak nyamanan yang mungkin di timbulkan dan terima kasih kepada pihak media yang telah mengklarifikasi hal tersebut,” ujarnya.

Dikatakan, saya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan respon dan tanggapan, hal ini menjadi gambaran utuh bahwa pariwisata adalah bagian dan milik seluruh elemen bangsa.

“Pariwisata kita terbangun atas kearifan masyarakat dan budaya lokal pada tiap destinasinya, sehingga menjadi daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan. Ada keramah-tamahan khas yang dirasakan para wisatawan dengan berbagai latar kultur dan agama,” kata Whisnutama.

Ditambahkannya, selama ini kami sangat  meyakini bahwa budaya, kearifan lokal, dan kekayaan alam harus kita jaga, pelihara, dan kelola dengan baik agar pariwisata Indonesia selalu menciptakan daya tarik bagi wisatawan dan mendatangkan kesejahteraan rakyat. Pariwisata juga merupakan aktivitas universal, sehingga seluruh tempat wisata di Indonesia terbuka bagi seluruh wisatawan, apapun latar belakang agama, kepercayaan, dan kewarganegaraannya.

“Fokus kami ke depan adalah mengembangkan destinasi wisata sesuai dengan kearifan budaya lokal sehingga pariwisata kita berdiri kokoh di atas fondasi kebudayaan. Kami menjunjung tinggi dan sangat meyakini, bahwa kekayaan alam dan budaya nusantara yang kita miliki justru merupakan aset dan modal terbesar dalam mengembangkan sektor pariwisata sekaligus sebagai daya tarik pariwisata di masing-masing destinasi,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, kami selalu bangga dan mengagumi Bali sebagai sebuah role model pariwisata berbasis budaya yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaaan dan toleransi sekaligus sebuah destinasi yang mampu merefleksikan harmoni dalam keberagaman. Demikian pula Toba sebagai destinasi wisata alam dengan kekayaan kultural yang amat tinggi dari masyarakatnya.

Saya berharap sinergi dan kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait pariwisata dapat terus dikuatkan demi pariwisata yang maju dan menyejahterakan masyarakat. [traveltext.id]