Traveltext.id

SULTENG DIMINTA PERKUAT PROGRAM PARIWISATA & EKONOMI KREATIF

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meminta Pemerintah Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tenggara (Sulteng) untuk memperkuat program kolaborasi dengan berbagai pihak agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di dalamnya semakin maju.

Dalam acara KolaborAksi Regional 2 dengan kepala-kepala daerah dan perwakilan pemerintah daerah Sulawesi Tenggara di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (6/7), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan perlu ada kolaborasi antar berbagai pihak untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tenggara.

“Kita punya kemampuan untuk berkolaborasi, karena nilai luhur Bangsa Indonesia itu adalah gotong royong. Adapun bentuk kolaborasi tersebut dapat berupa pelaksanaan manajemen destinasi pariwisata dengan kerja sama antara pusat dan daerah serta pelaksanaan event-event yang mengedepankan tradisi dan budaya setempat. Selain itu, event-event tersebut juga harus dikemas dengan semenarik mungkin dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para wisatawan yang berkunjung,” ujarnya.

Dijelaskan Sandiaga, nantinya, diharapkan Sulawesi Tenggara memiliki event regional, kemudian meningkat menjadi event nasional dan jadi event internasional. Jadi event-event-nya itu terus meningkat.

“Dari segi pemasaran saya mengajak para kepala daerah Sulawesi Tenggara mempromosikan destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif unggulan daerah bersama-sama dengan Kemenparekraf kepada wisatawan nusantara dan mancanegara. Ini dapat membantu kita menciptakan travel pattern dan storynomics bagi wisatawan,” kata  Sandiaga.

Sementara Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekra, Rizki Handayani menambahkan Sulawesi Tenggara memiliki potensi wisata yang sangat beraneka ragam mulai dari wisata bahari, ekowisata, wisata budaya, dan kekayaan sumber daya alamnya. Pihak Kemenparekraf berkomitmen untuk mendampingi pelaksanaan event-event di Sulawesi Tenggara yang mengedepankan tradisi dan budaya.

“Karena budaya itu indah sekali. Jadi nanti tugas kami akan membantu pendampingan bagaimana menyusun event yang bagus,” tutur Rizki.

Dalam acara ini, setiap kepala daerah dan perwakilan pemerintah daerah yang hadir memaparkan berbagai potensi wisata dan program unggulan dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah masing-masing. Mulai dari segi atraksi wisata yang dihadirkan, amenitas, serta aksesibilitasnya dengan harapan Kemenparekraf dapat memberikan dukungan terhadap program yang akan mereka jalani. [traveltext.id]