Traveltext.id

KEMENPAREKRAF AJAK BPPJS MEMBANGUN ADAPTASI, KOLABORASI & INOVASI

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membangun engagement di era pandemi COVID-19 melalui adaptasi, kolaborasi, dan inovasi.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam acara webinar Remote Workshop Edisi 3 yang bertajuk ‘Learning is Fun and Meaningfull’ bersama Duta Bangsa dan BPJS Kesehatan, Jumat (7/16), mengatakan bahwa pandemi COVID-19 dapat dijadikan momentum untuk tetap membangun engagement dengan pelanggan hingga wisatawan secara baik.

“Saya yakin bahwa momentum pandemi COVID-19 ini bisa kita manfaatkan untuk membangun engagement dengan customer. BPJS kesehatan harus membangun kesempatan ini untuk re-engage dengan customer. Strateginya apa? Strateginya inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf menjelaskan strategi inovasi dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi digital dalam penyediaan layanan. Sebagaimana visi “Indonesia Maju 2045” menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi kreatif dan digital kelas dunia di tahun 2045.

Strategi kolaborasi, yaitu bekerja sama dengan semua pihak untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan. Sementara, adaptasi yakni dengan membiasakan diri terhadap era kenormalan baru termasuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat di destinasi wisata yakni CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability).

“Manusia diberikan begitu banyak karunia oleh Allah SWT, kita adalah makhluk yang bisa beradaptasi dan berinovasi. Gunakan big data, teknologi informasi dan komunikasi. Konsepnya adalah 360 derajat. Bagaimana less-contact economy, bagaimana ekonomi kreatif yang akan jadi lokomotif pembangunan kita ke depan dan bagaimana 2045 menjadi Indonesia emas. Dan saya yakin kolaborasi ini menghadirkan banyak peluang,” katanya.

Sandiaga menjelaskan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kolaborasi dapat dilakukan dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah melalui kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia #BeliKreatifLokal yang menggandeng berbagai platform e-commerce dan startup untuk bekerja sama memasarkan produk-produk industri lokal.

“Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk-produk kreatif lokal melalui penguatan digital aset, membangun jejaring, juga pendampingan berupa coaching, mentoring, training, consulting,” kata Menteri Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga mengajak para duta BPJS Kesehatan upskilling dan re-skilling diri agar SDM memiliki value yang kuat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan untuk menyongsong persaingan di masa yang akan datang. Sebab para–Duta BPJS Kesehatan adalah cerminan bangsa dalam layanan jaminan kesehatan yang ramah dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Upskilling dan re-skilling menjadi keharusan. Dengan adanya pandemi, dengan adanya digitalisasi, dengan adanya unstoppable trends yang terus berkembang kita harus reskilling dan upskilling mungkin 3-5 tahun agar kita terus belajar apa yang menjadi hal yang kekinian. Sehingga being relevant, being authentic, and being objective. Ini yang menurut saya menjadi suatu keharusan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, menyampaikan webinar Remote Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan Duta BPJS Kesehatan dalam hal pengetahuan general, menyasar pengembangan kompetensi dasar, dan kompetensi kepemimpinan.

“Remote working ini kita harapkan dapat melatih Duta BPJS Kesehatan dalam menumbuhkan minat active learning dan self learning atau pembelajaran secara mandiri,” tuntasnya. [traveltext.id]