Traveltext.id

KEMENPAREKRAF DUKUNG PEMBENTUKAN GEOPARK NASIONAL DI GORONTALO

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung pembentukan sejumlah geopark di Provinsi Gorontalo sebagai upaya menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam dialog pembangunan berkelanjutan bertajuk ‘Peluang, Tantangan, dan Problematika Pengembangan Pariwisata sebagai Sektor Potensial Menuju Gorontalo sebagai Geopark Nasional’ di Gorontalo, mengatakan pembentukan geopark ini diharapkan dapat meningkatkan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Gorontalo di masa yang akan datang.

“Sehingga kesejahteraan masyarakat, terutama di tengah pandemi COVID-19 ini bisa kita wujudkan. Geopark-geopark ini nantinya akan dibentuk di tiga kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo. Salah satunya di Desa Wisata Religi Bubohu di Kabupaten Gorontalo yang memiliki pegunungan karst,” kata Sandiaga.

Dijelaskannya, jadi nanti akan dipilih dan diajukan dalam masterplan yang tengah disusun dan mudah-mudahan ini bisa menjadi penyemangat kita karena selama 1,5 tahun ini pariwisata terpuruk dan 34 juta masyarakat Indonesia berpotensi kehilangan pekerjaan.

“Tapi dengan adanya geopark ini sesuai dengan tren pariwisata baru yang berbasis alam dan budaya mudah-mudahan ini jadi kebangkitan kita dan terbukanya peluang kerja sehingga ekonomi segera bergerak,” ungkap Sandiaga.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Sandiaga mengungkapkan pihak Kementerian Pariwisata akan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, terutama pemerintah daerah setempat dan tokoh-tokoh masyarakat Gorontalo, ini merupakan sebuah kolaborasi kolosal dan mudah-mudahan dalam waktu singkat bisa diwujudkan. [traveltext.id]