Traveltext.id

DORONG PROGRAM TEPAT SASARAN & TEPAT MANFAAT DI GUA BATU CERMIN, NTT

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif siap mendorong berbagai program yang tepat sasaran dan tepat manfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan destinasi wisata Gua Batu Cermin yang terletak di Desa Batu Cermin, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, usai meninjau Gua Batu Cermin, belum lama ini mengatakan upaya ini dilakukan untuk menyambut perhelatan internasional KTT G20 2022 dan ASEAN Summit 2023.

Karena persiapannya, lanjutnya tidak hanya meliputi infrastruktur jalan setapak, tapi juga jaringan internet, gerai ekonomi kreatif seperti kuliner, kriya, fesyen yang berkearifan lokal, serta upskiling dan re-skilling SDM.

“Kemenparekraf siap untuk tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Karena masyarakat menginginkan kehadiran pemerintah yang lebih intens lagi untuk menyambut KTT G20 dan ASEAN Summit 2023 yang akan menjadi harapan rakyat yang kita wujudkan dengan tentunya kebangkitan ekonomi dan pemulihan lapangan kerja,” ujar Sandiaga.

Menteri Sandiaga pun berinisiasi melakukan rapat koordinasi persiapan G20 dengan kementerian/lembaga terkait di dalam Gua Batu Cermin. Karena, dinilai bahwa gua ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas menarik seperti meeting atau melakukan pertunjukkan seni budaya dan musik.

“Kami akan mulai satu inisiatif yaitu dalam persiapan menuju road to G20 kita akan melakukan meeting in the cave, jadi kita akan lakukan rapat koordinasi persiapan Labuan Bajo tapi di dalam gua, dan kita juga mau cek kekuatan sinyalnya,” jelas Sandiaga.

“Ini bagian dari pada kebangkitan ekonomi kita. Mudah-mudahan bisa membuka peluang usaha yang lebih besar dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas,” lanjutnya.

Gua Batu Cermin sendiri memiliki luas mencapai 19 hektare dengan ketinggian 75 meter. Disebut batu cermin karena memiliki satu fenomena di mana sinar matahari masuk melalui sela-sela dinding batu gua dan cahayanya saling memantul, sehingga nampak seperti cermin.

Di dalam Gua Batu Cermin juga terdapat fosil laut yang menempel di dinding gua, juga terdapat terumbu karang di beberapa bagian gua. [traveltext.id]