Traveltext.id

‘PERADAPAN MANUSIA’ GAET PENGHARGAAN UOB PAINTING OF THE YEAR 2022

UOB INDONESIA memberi penghargaan dalam ajang UOB Painting of the Year (POY) 2022 kepada Farhan Siki, perupa berusia 51 tahun dari Daerah Istimewa Yogyakarta, atas lukisannya yang berjudul Build, Destroy, Rebuild (The Modern Sisyphus).

Farhan berharap, melalui karya seninya orang dapat merenungkan kembali tujuan hidup, berkaca kepada kesalahan-kesalahan di masa lalu, serta menemukan tujuan hidup di tengah ketidakpastian dan perubahan pesat di seluruh penjuru dunia.

Inspirasi sang perupa datang proses ketegangan geopolitik yang menghancurkan infrastruktur dan menghambat pertumbuhan ekonomi dan sosial, dan proses pembangunan kembali setelahnya demi berlanjutnya peradaban manusia, serta diulanginya keseluruhan siklus tersebut.

Sebagai pemenang ajang UOB POY (Indonesia) 2022, Farhan berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp250 juta. Karya seninya akan diikutsertakan untuk bertanding dengan karya seni dari Malaysia, Singapura, dan Thailand dalam ajang UOB Southeast Asian POY Award yang akan diumumkan pada boleh November 2022. Siki juga berkesempatan untuk mengikuti program residensi selama satu bulan di Fukuoka Asian Art Museum di Jepang.

Sementara SandiagaUno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat acara penganugerahan UOB POY (Indonesia) 2022 mengatakan, seni rupa telah menjadi tolak ukur kemajuan sebuah bangsa. Kita patut berbangga akan kreativitas pelaku kreatif seni rupa Indonesia karena di tengah gelombang pandemi tahun 2022, rekan-rekan kita mampu menggeliatkan semangat berkarya.

“Saya berharap UOB Indonesia bersama program UOB Painting of the Year dapat terus membantu mempromosikan seniman dan karya Indonesia hingga ke tingkat internasional,” ujarnya.

Begitu pula Hendra Gunawan, Presiden Direktur UOB Indonesia mengatakan, kami senang dapat menyelenggarakan program unggulan kami yaitu ajang penghargaan UOB POY pada tahun ini di tengah pandemi. Hal ini memberi kami kesempatan untuk melakukan yang terbaik bagi perupa di Tanah Air dengan memberikan mereka peluang untuk memamerkan kreativitas dan budaya Indonesia yang beragam dan berwarna melalui seni.

“Ajang ini bertujuan mengembangkan para perupa dengan memberi mereka kesempatan untuk menunjukkan karya seninya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di mancanegara. Kami merasa bangga dengan komitmen jangka panjang kami untuk memberi kesempatan bagi para perupa, dan kami juga berharap dapat memberikan penghargaan kepada lebih banyak lagi perupa di Indonesia yang berbakat,” katanya.

UOB Indonesia akan memamerkan karya seni dari keseluruhan 37 finalis ajang the 2022 UOB POY (Indonesia), termasuk delapan karya seni yang keluar sebagai pemenang, di Gedung AKR lantai 6 (di atas Museum MACAN). Pameran ini terbuka untuk umum setiap hari mulai dari tanggal 20 hingga 30 Oktober 2022. [traveltext.id]