Traveltext.id

JEMBER PERLU POLESAN ‘TANGAN SAKTI’ AGAR TAK KALAH DENGAN DESTINASI LAINNYA

MUNGKIN mendengar Jember yang merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur, pastinya Anda sudah memikirkan aksibilitas Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Jember tersebut.

Diperayaan hari ulang tahun ke-15, Himpunan Anak Media (HAM) berkolaborasi dengan Dafam Hotel Management, ARTOTEL Group dan Pemerintah Kabupaten Jember bersama 25 jurnalis Jakarta, melakukan perjalanan jurnalistik secara langsung ke kabupaten untuk membangkitkan serta memulihkan kembali pariwisata di daerah yang terkenal sebagai kota festival ini.

Dipilihnya kota Jember oleh rekan-rekan HAM adalah tempat wisata di Jember menghadirkan berbagai macam destinasi wisata yang sangat komplit. Wisata alam memang masih sangat mendominasi, namun bukan berarti Jember tidak memiliki wisata yang lainnya. Jember memiliki banyak objek wisata yang patut dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata budaya, Jember banyak menyimpan potongan surga kecil yang masih belum banyak diketahui khalayak luas.

Secara geografis, bagian selatan Jember memang berbatasan dengan Samudera Hindia. Maka dari itu, tidak heran jika kota suwar-suwir ini memiliki banyak gugusan pantai, terutama di sisi barat dan selatan. Namun, pantai bukan satu-satunya tempat wisata di Jember yang bisa dikunjungi. Ada banyak lainnya yang juga sayang untuk dilewatkan.

Saat dijamu makan malam oleh H. Hendy Siswanto, Bupati Jember, di Pendopo Wahyawibawagraha, belum lama ini Bupati menyampaikan rasa terima kasihnya ke HAM berkenan berkunjung ke Kabupaten Jember. “Media adalah jendela dunia. Jendela dunia ini adalah HAM. Kita (Jember) hanya mempunyai jendelanya. Kalau tidak dibuka, maka ‘ngga’ nampak. Jika HAM yang membukanya, maka akan tampak segalanya,” ujarnya.

“Dengan semangat untuk pariwisata bangkit, dan tumbuh lebih cepat terus di Kabupaten Jember ini, kami tetap memiliki komitmen untuk mengembangkan pariwisata di sini. Jember punya banyak spot objek wisata keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto-foto kekinian, pantai, bukit, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore,” kata Bupati Hendy.

Memang wisata yang ada di Jember perlu ada suatu peningkatan yang lebih baik lagi dan ini masih original, perlu polesan sedikit lagi. Dengan adanya kerjasama tersebut dapat mendukung Pemkab Jember untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi,  Ini langkah yang baik dan angin segar untuk masyarakat Jember karena pariwisata adalah garda terdepan untuk perekonomian.

Namun dari sektor pariwisata, Kabupaten Jember memiliki event yang telah mendunia yakni Jember Fashion Carnaval (JFC), kemudian ada Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI) yang telah memasuki tahun keempat dan menghadirkan 20 Duta Besar negara sahabat ke Jember, salah satunya dari Kuba negara penghasil tembakau cerutu terbaik dunia.

“Para duta besar tersebut tinggal selama 3 hari di Jember. agar ada sesuatu yang berbeda dari tahun sebelumnya, penyelenggara JKCI menggelar fashion show di tengah hutan tembakau yang tingginya sudah mencapai dua meter, pada sore hari. Melihat sunset di tengah kebun tembakau,” terang Bupati.

Penyelenggaraan event yang telah eksis dan besar, menurut Hendy, menjadi sarana positif untuk Pemkab Jember berkolaborasi mem-branding daerahnya lebih efektif dan akselerasinya pun cepat. Karena harus diakui, jika Pemerintah Kabupaten Jember yang menyelenggarakan event itu sendiri, dapat dipastikan tidak bakal sukses dan sebesar seperti itu.

Nah, jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Jember, lanjut Bupati Hendy, jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini jika Jember jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, ternyata Jember juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun Kabupaten besar lainnya.

Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Jember yang paling indah, terbaru dan di rekomendasikan untuk Anda Jelajahi. Berikut kami ulas secara singkat beberapa tempat wisata di Jember kekinian yang wajib dikunjungi dan harus segera Anda explore:

Pantai Papuma

1.Pantai Papuma
Salah-satu wisata pantai yang happening, dan populer di Jember adalah Pantai Papuma. Nama tersebut merupakan singkatan dari Pantai Putih Malikan, dan memiliki nama lain, yaitu Tanjung Papuma. Pantai Papuma sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata, termasuk resort, atau penginapan. Dan di lokasi tersebut terdapat spot terbaik menikmati keindahan Pantai Papuma dari atas. Nama spot tersebut adalah Siti Hinggil Papuma. Sebuah bukit, yang dilengkapi dengan anak tangga yang berwarna-warni, dan gazebo. Ciri khas Pantai Papuma terdapat sebuah batu karang besar yang ada di tengah-tengahnya.

2. Teluk Love
Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam dengan panorama romantis. Dinamakan Teluk Love karena jika dilihat dari kejauhan dan dari atas akan berbentuk seperti jantung hati. Suasana alam yang damai dengan beragam spot menarik. Teluk Love menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Jember, Jawa Timur.

3. Taman Nasional Meru Betiri
Taman Nasional Meru Betiri merupakan spot edukasi dengan pesona alam indah. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana, seperti berpetualang di hutan, berkeliling danau dengan kano, hingga explore wisata budaya yang menggagumkan.

Berada diatas ketinggian, pengunjung bisa menikmati pemandangan dan panorama alam yang mengesankan. Ditambah dengan adanya Gembok Cinta yang terkenal dengan mitos cinta abadinya. Pengunjung juga dapat mengunjungi bibir pantai dengan pasir hitamnya yang eksotis. Lokasi Teluk Love ini berdekatan dengan salah satu pantai populer di Jember yaitu pantai Payangan. Kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam indah, romantis dan mengesankan.

Namun mustahil perjalanan jurnalistik bagi ke-25 jurnalis ini dapat terlaksana apabila tanpa ada campur tangan dan usaha dari seorang putera daerah, Andhy Irawan, CEO of PT. Dafam Hotel Management (DHM) yang bisa menyakinkan Bupati Jember tersebut agar bisa memanfaatkan kehadiran para jurnalis asal Jakarta ini untuk dapat meng-explore segala potensi-potensi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Jember ini.

Menurut Andhy Irawan menyampaikan sejatinya, Kabupaten Jember memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Mulai dari wisata alam yang memesona hingga wisata edukasi yang memberi arti, semua ada di daerah yang berjuluk Kota Cerutu ini.

Namun sayangnya, lanjutnya, Jember dikelilingi beberapa Kabupaten yang juga sudah punya nama. Seperti Banyuwangi dengan Kawah Ijen-nya, Lumajang dengan Tumpak Sewu, serta Malang dengan Bromo-nya.

Ia pun memberikan saran kepada Bupati Jember H. Hendy Siswanto, memang diperlukan ‘tangan sakti’ agar membuat pariwisata Jember lebih dikenal lagi, baik secara nasional maupun internasional yaitu perlu memoles: (1). Infrastruktur seperti memperbaiki jalan akses menuju ke kota Jember, (2). Branding, Jember tak perlu malu untuk mem-branding dengan event-event yang sudah eksis, sebut saja seperti Jember Fashion Carnaval, kemudian membonceng event Jember Kota Cerutu Indonesia, dan seterusnya. Berkolaborasi mem-branding daerahnya lebih efektif dan akselerasinya pun nyata.

“Nah, langkah yang ke (3) adalah memoles destinasi wisata, perlu konsep membuat suatu destinasi andalan Jember, seperti Tanjung Papuma agar lebih ciamik serta destinasi wisata lainnya. Sedangkan langkah ke (4). Hidupkan kembali Bandara Notohadinegoro di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang sudah 20 tahun tak beroperasi karena tidak ada penerbangan komersial di bandara tersebut, selain itu panjang runaway yang belum memenuhi syarat,” saran Andhy Irawan.

Ditambahkannya, sebagai putera daerah saya berharap kehadiran DHM di sini setidaknya bisa mendongkrak pariwisata Kabupaten Jember dan kunjungan wisatawan pada umumnya agar dapat dikenal oleh wisatawan domestik dan bahkan di mancanegara sebagai salah satu destinasi pilihan mereka. Di sini dibutuhkan seorang leadership yang inovasi, smart dan kreatif. “Wong Jember bener uripe bakal mulyo, mantep melu moro pariwisata neh,” tuntas Andhy Irawan. [traveltext.id/photo Romo]