MEMANG tidak banyak yang tahu bahwa selain sedang menjadi tren di dalam negeri, ternyata komoditas kopi selama ini dijadikan sebagai ikon promosi kuliner Indonesia ke luar negeri.
Menurut Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuti mengatakan Kementerian Pariwisata memiliki tim terpadu untuk pengembangan kuliner, bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Dan salah satu tugas tim tersebut adalah mempromosikan kuliner Indonesia ke luar negeri.
“Namun memang sepanjang kami melakukan promosi ke luar, yang kami gunakan sebagai ikon adalah kopi. Bekraf juga sudah menjadikan kopi sebagai ikon promosi di luar,” ujarnya.
Dikatakan, Indonesia sangat kaya akan komoditas kopi. Dari Sabang sampai Marauke, Indonesia mempunyai jenis-jenis kopi yang khas, baik dari kelompok Arabika maupun Robusta. Karenanya, upaya mempromosikan kuliner Indonesia dengan ikon kopi itu sekaligus mengangkat potensi yang dimiliki Tanah Air.
“Pada bagian lain, saya berikan apresiasi kepada pihak NutriSari yang telah menerakan logo Wonderful Indonesiapada sampul kotak kemasan W’Dank Coffe Coconut Latte. Peneraan logo Wonderful Indonesia pada berbagai produk makanan dan minuman kemasan diyakininya telah ikut memperkuat tagline tersebut baik di dalam maupun di luar negeri,” katanya.
Ditambahkannya, sebagai salah satu upaya untuk saling mendukung, Pemerintah sendiri selama ini telah mengikutsertakan produk-produk makanan dan minuman dalam setiap promosi yang dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan produk-produk mereka dalam lebih dari 100 event pariwisata Wonderful Indonesia yang digelar pada tahun lalu. [bisnis.com/photo traveltext]