Traveltext.id

Arief Yahya: Kemenpar Lakukan Sinergi untuk Dukung Promosi Wisata

Arief Yahya: Kemenpar Lakukan Sinergi untuk Dukung Promosi Wisata

KEMENTERIAN Pariwisata (Kemenpar) telah melakukan sinergi dan menyatukan persepsi antara pemerintah danstakeholders termasuk pengelola lokasi wisata untuk mendukung promosi industri pariwisata Indonesia secara masif.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan bahwa keberhasilan pengembangan pariwisata nasional ditentukan oleh kerjasama yang dilakukan seluruh pihak terkait. Untuk itu, pemerintah perlu mempertemukan berbagai pihak untuk meminta masukan.

“Dari segi branding atau pemasaran, Kementerian Pariwisata telah melakukan co-branding dengan 10 existingrestoran Indonesia. Saya telah mencoba, namun belum berhasil untuk membuka restoran di luar negeri. Biayanya tidak murah. Dan pemerintah tidak menyediakan anggaran. Sebagai pembanding, pemerintah Thailand memberi subsidi setara dengan US$100.000 bagi yang membuka restoran di luar Thailand,” ujarnya.

Dikatakan, lantaran tak punya anggaran, Kementerian Pariwisata memutuskan melakukan branding existingrestoran yang sudah ada. Atau yang disebut dengan Diaspora Restaurant. Hal ini tentu saja membawa keuntungan bagi pihak-pihak yang terlibat.

“Ada empat kategori paket kerjasama, pertama, kategori Wonderful Indonesia Partner dengan syarat utamanya partner harus melakukan ekspor, tentunya dengan brand sendiri minimal dua tahun dan sudah hadir minimal di tiga negara. Kedua, kategori Pesona Indonesia Partner. Ketiga, terdapat Endorser of WI/PI dan kategori yang keempat Friends of WI/PI. Yang friends ini bisa dilakukan siapa saja. Walaupun tidak termasuk dalam tiga kategori lainnya, tetapi memiliki komitmen untuk mempromosikan WI/PI,” kata Arief. [traveltextonline.com]