Traveltext.id

TOMOHON INTERNATIONAL FLOWER FESTIVAL MAKIN BERKEMBANG

KEMENTERIAN Pariwisata menyebutkan ajang Tomohon International Flower Festival (TIFF) akan semakin berkembang terdukung oleh pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang dari segi aksesibilitas maupun promosi.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan kapasitas bandara Sam Ratulangi akan diperbesar dari 2 juta menjadi 6 juta pertahun, pelebaran jalan dan tol agar investasi masuk ke KEK Likupang, dan adanya anjuran agar Pemda menonjolkan kekayaan budaya dengan menggelar event pariwisata.

“Adapun komitmen Presiden Joko Widodo dalam pengembangan pariwisata di Sulawesi Utara, terutama KEK Likupang bukan tanpa alasan. Sederet prestasi sukses membuktikan potensi pariwisata Sulawesi Utara, khususnya Tomohon di level internasional,” ujarnya.

Dikatakan, sejumlah prestasi telah dibuktikan Sulawesi Utara. Salah satunya, Sulawesi Utara meraih The Rising Destination of The Year 2019 dengan Absolute Growth kunjungan wisman tahun 2015-2018 sebesar 518 persen dan wisnus sebesar 90%.

“Prestasi lain yang berhasil diraih Sulawesi Utara di antaranya Taman Nasional Bunaken memperoleh penghargaan sebagai The Most Beautiful Destination 2016 pada ajang Diving and Resort Travel Expo (DRT) dan Pulau Siladen mendapat penghargaan sebagai The Best Dive Centres and Resort in the World 2017 dan 2018 versi Dive Magazine,” kata Menpar.

Ditambahkannya, lebih lanjut, event Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019 sebagai event bunga terbaik nasional. Dengan tema The Greatest Love of All, TIFF 2019 digelar dengan total 32 kendaraan hias dari berbagai daerah di Indonesia dan perwakilan 5 negara sahabat (Nepal, Ukraina, Australia, Korea, dan Amerika Serikat).

“Selamat karena TIFF 2019 telah menjadi trending topic. Ini berarti perhatian masyarakat sedang terpusat ke Tomohon. Berdasarkan tim kurator Kementerian Pariwisata, TIFF dipastikan kembali masuk ke dalam Calendar of Event 2020. Bagi saya, TIFF merupakan event yang sangat layak karena sustain dan selalu ramai. TIFF adalah festival bunga terbaik nasional,” jelas Menpar.

Sementara menurut Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, penyelenggaraan event tahunan TIFF diharapkan dapat berdampak baik terhadap sektor perekenomian dan kesejahteraan rakyat. Hal ini pun terbukti dari Absolute Growth wisman Tomohon tahun 2015-2018 sebesar 517% dan wisnus sebesar 140%.

“Pemerintah Tomohon berkomitmen menjadikan pariwisata sebagai sektor utama karena Tomohon memiliki beraneka ragam objek pariwisata unggulan. TIFF merupakan kegiatan tahunan yg kami harap dapat berdampak meningkatkan sektor perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tomohon. Berdasarkan evaluasi, TIFF dari tahun ke tahun semakin baik dalam penyelenggaraannya. Tahun depan kami harap TIFF 2019 dapat menjadi salah satu dari Top 10 event Kementerian Pariwisata,” ungkap Jimmy F. Eman.

Peluncuran varietas bunga lily Iriana, yang terinspirasi oleh nama ibu negara Republik Indonesia dan pemecahan rekor MURI melalui Tarian Ma’zani terbanyak yang diikuti oleh 1530 penari yang berprofesi sebagai guru juga menjadi agenda dalam TIFF 2019. [traveltext.id]