Traveltext.id

Arief Yahya: Kita Targetkan Kunjungan 20 Juta Wisman pada 2019

Arief Yahya: Kita Targetkan Kunjungan 20 Juta Wisman pada 2019

MENTERI Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan Pemerintah Indonesia menargetkan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari 9,5 juta pada 2014 menjadi 20 juta pada 2019.

“Untuk mempercepat pencapaian target tersebut, Indonesia telah memberikan bebas visa kunjungan singkat (BVKS) kepada 169 negara, termasuk Selandia Baru. Tercatat Indonesia telah menutup tahun 2017 dengan menempatkan pertumbuhan jumlah wisman yang fantastis dimana sampai dengan November tahun 2017, pertumbuhan wisman ke Indonesia tercatat sebesar 24%. Jauh lebih tinggi dari regional ASEAN yang tumbuh sebesar 7% dan dunia sebesar 6,4%,” ujar Arief Yahya.

Dikatakan, pencapaian tersebut membuat Indonesia optimistis dan lebih gencar menjalankan strategi-strategi untuk meningkatkan kinerja pariwisatanya pada tahun 2018, demi tercapainya target 20 juta wisman pada 2019.

“Sebagai salah satu strategi utama, Menteri Pariwisata menetapkan 2018 sebagai Visit Wonderful Indonesia Year 2018 (ViWI 2018) dengan menetapkan 18 destinasi unggulan yang telah memenuhi syarat 3A (accessibility, amenities, dan attraction) yaitu Danau Toba, Padang, Palembang, Kepulauan Riau, Belitung, Jakarta, Bandung, Joglosemar, Surabaya-Bromo-Tengger, Jember-Banyuwangi, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Balikpapan, Makassar, Wakatobi, Manado – Bunake, dan Raja Ampat,” katanya.

Ditambahkannya,  ViWI 2018 dilakukan untuk mendorong percepatan bisnis di sektor pariwisata dimana momentum terjadi karena masifnya branding Wonderful Indonesia di luar negeri, sehingga pemerintah dan industri harus menangkap kesempatan ini dengan kolaborasi seluruh stakeholder pariwisata.

“Dari program ViWI 2018 ini diharapkan akan memberikan kontribusi sebesar 15% dari target nasional tercapainya 17 juta wisman pada 2018. Strategi turunan dari ViWI 2018 yaitu Hot Deal: more for less (paket bundling dengan komponen transportasi di sector domestik), Color of Indonesia: Events & Festival (paket dengan komponen event),dan Digital Destination (paket dengan experience based product),” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, salah satu yang menjadi fokus di tahun ini adalah dirilisnya 100 Wonderful event yang di dalamnya mengampu hajatan besar Indonesia di tahun 2018 yaitu Annual Meeting IM-WB dan Asian Games. Kedua event berskala internasional tersebut diprediksi akan mendatangkan lebih dari 30.000 kunjungan wisman ke Indonesia. [traveltextonline.com]