Traveltext.id

Ajang API Berdampak Kuat pada Promosi Pariwisata Daerah

Ajang API Berdampak Kuat pada Promosi Pariwisata Daerah

AJANG lomba pemilihan destinasi dan daya tarik wisata Indonesia melalui vote yang digelar dalam tajuk Anugerah Pesona Indonesia (API) memberikan dampak kuat pada promosi pariwisata daerah.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Gde Pitana dalam jumpa pers seusai meluncurkan kampanye vote API 2018 di Gedung Sapta Pesona kantor Kemenpar mengatakan para pemenang  di API ditampilkan dan menjadi viral di media sosial  menjadi promosi yang dapat mendorong  wisatawan untuk berkunjung.

“Promosi pariwisata melalui media sosial sangat efektif karena jangkauannya sangat luas  serta memberi pengaruh sangat kuat kepada calon wisatawan. Penyelenggaraan ajang lomba pemilihan seperti yang digelar API 2018 sangat tepat di era digital saat ini,” ujar I Gde Pitana.

Dikatakan, saya memberikan apresiasi pada penyelenggaraan API 2018 yang menambah kategori tidak hanya menampilkan pilihan destinasi wisata terpopuler, tetapi ada juga kuliner terpopuler, cinderamata terpopuler, maupun promosi pariwisata digital terpopuler.

“Dampak promosi dari ajang API 2017 dirasakan oleh Provinsi Riau yang tahun lalu menyabet tujuh (7) penghargaan sekaligus antar lain makanan tradisional terpopuler, situs sejarah terpopuler, tempat berselancar terpopuler, atraksi budaya terpopuler, serta festival pariwisata terpopuler. Riau semakin banyak dikunjungi wisatawan terutama wisatawan mancanegara (wisman) dari Malaysia,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal Usman yang hadir dalam jumpa pers API 2018 mengatakan tahun ini wisman dari Malaysia banyak datang ke Riau karena tertarik dengan paket wisata eventbudaya seperti Pacu Jalur, Bakar Tongkang, dan surfing di sungai Bono.  Wisman dari Malaysia lebih tertarik dengan festival budaya Provinsi Riau karena adanya kedekatan budaya ( proximity )masyarakat kedua negara tersebut.

”Pada bulan puasa, wisman Malaysia banyak membeli Paket Ramadhan, kemudian akan datang lagi untuk mengikuti event budaya Hari Raya 6 di Kabupaten Kampar.  Kunjungan wisman Malaysia ke Riau tahun lalu mencapai  102.000 wisman, sedangkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 6,5 juta,” kata Fahmizal Usman.

Ditambahkannya, pada penyelenggaraan API 2018  ada perubahan dan penambahan kategori untuk mengakomodir perkembangan yang terjadi di dunia pariwisata. Tahun ini  terdapat kategori wisata olahraga & petualangan, wisata air dan ekowisata yang merupakan modifikasi dari beberapa kategori di tahun sebelumnya, ditambah wisata halal, wisata kreatif dan cendera mata.  

“Pelaksanaan vote API 2018 telah dimulai sejak 1 Juni 2018 dan akan ditutup pada 31 Oktober 2018, sedangkan  pengumuman pemenang akan dilakukan pada November 2018. Pihak panitia penyelenggara telah memiliki 180 nominasi yang terbagi dalam 18 kategori berikut keyword SMS,” ungkapnya. [traveltextonline.com]

Add comment