Traveltext.id

Bekraf Bidik Transaksi Pelaku Kreatif Sebesar Rp1,200 Triliun

Bekraf Bidik Transaksi Pelaku Kreatif Sebesar Rp1,200 Triliun

ADALAH Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang pada tahun ini memproyeksikan nilai transaksi ekonomi kreatif untuk produk domestik bruto (PDB) sebesar Rp1,200 triliun dari PDB Nasional tahun 2019.

Menurut Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonimi Kreatif di Jakarta mengatakan pada tahun lalu keseluruhan nilai PDB dari sektor ekonomi kreatif sebesar Rp1,105 triliun dan tahun ini kita naikkan menjadi Rp1200 triliun.

“Angka tersebut diharapkan masih dikontribusi oleh tiga subsektor unggulan yakni subsektor kuliner sekitar 42%, disusul fesyen, dan kriya,” ujarnya.

Sementara Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif menambahkan untuk nilai transaksi ekspor tahun ini ditargetkan sebesar US$130 miliar. Kalau untuk ekspor kontribusi paling besar itu dari subsektor fesyen yang menyumbang sekitar 50% disusul subsektor kriya 39%, dan kuliner 11%.

“Namun untuk mencapai target tersebut ada tiga subsektor baru yang menjadi prioritas Bekraf tahun ini di antaranya Gim, Film, Musik dan penerbitan.”Jadi tahun ini fokus Bekraf lebih dari enam subsektor,” katanya. [kontan.co.id/photo traveltext]

Add comment