Traveltext.id

ARTOTEL THAMRIN GELAR PAMERAN FOTOGRAFI TUNGGAL RONY ZAKARIA

ARTOTEL Thamrin Jakarta bekerjasama dengan JIPFest 2019 (Jakarta International Photo Festival 2019) menyelenggarakan pameran fotografi tunggal Rony Zakaria, dengan judul Men, Mountains, and the Sea di ARTSPACE, Mezanine Level ARTOTEL Thamrin dan pameran ini dibuka untuk publik dari tanggal 25 Juni hingga 31 Juli 2019.

Menurut Andri Meilani, Marcom Manager ARTOTEL Group mengatakan ditunjuk sebagai salah satu mitra oleh JIPFest 2019 untuk menampilkan karya seni dari para fotografer kurasi mereka, ARTOTEL Thamrin Jakarta mendapatkan kesempatan untuk memajang 16 karya Rony Zakaria.

“Adapun karya-karyanya yang menampilkan gunung berapi aktif di Indonesia, foto pemandangan tentang 80.000 km garis pantai Indonesia yang disuguhkan secara konseptual, serta foto tentang manusia yang dihubungkan dengan gunung dan lautan, dimana manusia menganggap kedua hal tersebut adalah sakral dari peradaban manusia sejak dahulu kala,” ujarnya.

Dikatakan, pameran ini menunjukkan secara gamblang rasa hormat manusia pada alam, lewat ritual yang dilakukannya terhadap gunung dan lautan.

Sementara Dicky Pandjaitan, GM ARTOTEL Thamrin Jakarta mengatakan, sebagai salah satu properti ARTOTEL Group yang selalu menyediakan wadah untuk kegiatan seni dan kreatif, kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari kegiatan JIPFEST 2019, sebagai ajang kegiatan fotografi Internasional pertama yang dilakukan di Indonesia, khususnya di Jakarta. Bagi kami dunia kreatif dan seni tidak hanya berupa lukisan saja, namun dapat berupa foto, instalasi, dan musik.

“Rony Zakaria lulus dengan gelar Matematika dan Ilmu Komputer. Setelah lulus, Rony memulai karirnya sebagai seorang fotografer. Rony kemudian mempelajari jurnalisme foto di Galeri Foto Jurnalistik Antara. Pada tahun 2009, Rony mengambil studi dengan beasiswa pada Asian Center for Journalism di Manila, Filipina. Setelah itu Rony telah bekerja untuk publikasi internasional diantaranya: The New York Times, The Wall Street Journal, National Geographic, Le Monde, Mare, GEO, The Guardian, dan Monocle,” katanya.

Ditambahkannya, bahkan Rony juga telah menerima beberapa penghargaan untuk karyanya, diantaranya: NPPA Best of Photojournalism, Roberto del Carlo Photolux Award, dan Mochtar Lublis Award Grant. Karya yang dibentuk oleh Rony juga telah dipamerkan di galeri dan festival di Paris, Frankfurt, Tiongkok, Bangladesh, Singapura, Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Pada tahun 2013, Rony memublikasikan buku pertamanya, Encounters, sebuah koleksi dari fotografi pribadi yang telah diambil semenjak awal karirnya. [traveltext.id]