Traveltext.id

Garuda Indonesia Gandeng Japan Airlines Jalin Kerjasama

Garuda Indonesia Gandeng Japan Airlines Jalin Kerjasama

MASKAPAI penerbangan Garuda Indonesia dan Japan Airlines menandatangani kerjasama (comprehensive partnership agreement). Kerjasama itu menghasilkan peningkatan konektivitas penerbangan keduanya di kawasan Asia-Pasifik.

Menurut  Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury mengatakan, tak hanya itu, dalam kerjasama yang didalamnya juga termuat codeshare penerbangan, Garuda Indonesia dan Japan Airlines memberikan lebih banyak plihan penerbangan dari Indonesia ke Jepang dan Amerika Serikat juga sebaliknya.

“Dalam rinician kerjasama tersebut, Garuda Indonesia akan berlaku sebagai marketing carrier, sementara Japan Airlines menjadi operator penerbangan pada rute-rute yang disepakati. Rute yang disepakati itu adalah Narita-Jakarta, Narita-New York, dan Narita-Los Angeles untuk rute internasional. Untuk rute domestik intra jepang adalah Haneda-New Chitose, Haneda-Nagoya-Chubu, dan Haneda Fukuoka,” ujar Pahala.

Dikatakan, sebaliknya, Japan Airlines akan berlaku sebagai marketing carrier dan Garuda Indonesia menjadi operator penerbangan pada rute Jakarta-Haneda (pp), Denpasar-Narita (pp). Sementara untuk rute domestiknya adalah Jakarta-Yogyakarta, dan Jakarta-Surabaya (pp).

“Bahkan kerjasama code share dengan Japan Airlines akan memperkuat jaringan penerbangan internasional bagi kedua maskapai. Jepang merupakan salah satu pangsa pasar yang penting bagi Garuda Indonesia.  Pihak kami berharap kerjasama codeshare pada hari ini baru permulaan. Kita berharap kerjasama ini bukan hanya di codeshare agreement saja. Tapi di bidang strategis lain. Bisa kita jaga terus ke depannya,” katanya.

Ditambahkannya, namun saya belum bisa memberitahu terkati rencana strategis Garuda Indonesia dengan Japan Airlines ke depannya. Soal potensi, bagi Garuda Indonesia, codeshare dengan Japan Airlines diharapkan bisa menambah pendapatan perusahaan dalam mata uang asing. Maklum, saat ini nilai tukar rupiah terus melemah terhadap dollar Amerika Serikat (AS). [photo special]

Add comment