Traveltext.id

GAIRAHKAN BELANJA & KULINER, WICSF 2019 BAKAL SEGERA DIGELAR

DILIHAT dari perkembangan industri kuliner dan belanja di Indonesia terus mengalami peningkatan. Menyikapi kebutuhan gaya hidup masyarakat tersebut, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bekerjasama kembali mengelar Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) serentak digelar dilebih 300 malls tersebar di Sumatera Utara, Pekanbaru, Sumatera Selatan, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Bekasi, Depok, Bogor, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat & Selatan, Manado, Sulawesi Tenggara, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Bengkulu, Lampung, Maluku, Palu, NTB dan NTT.

Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya pada jumpa pers WICSF 2019 di Kemenpar (17/9) mengatakan pada tahun ke-4, WICSF yang sudah menjadi Calender of Event Kementerian Pariwisata bakal digelar selama sebulan penuh mulai dari 27 September hingga 27 Oktober 2019, selain memanjakan pengunjung dengan berbagai sajian kuliner Nusantara juga dilengkapi dengan ragam program belanja dan diskon menarik.

“Kuliner memberikan kontribusi tertinggi bagi PDB Ekonomi Kreatif. Yang pertama itu culinary 42%, yang kedua fashion 18%, dan ketiga crafts 15% yang masuk dalam kategori belanja. Wisatawan mengeluarkan 30-40% dari total pengeluaran mereka untuk kuliner dan belanja. Bila ditotal, belanja dan kuliner mencapai 75%. Kuliner pula yang jadi tiga besar tujuan orang berwisata,” ujar Menpar Arief.

Wisata kuliner, lanjutnya mempunyai portofolio produk sempurna, karena size-nya besar, sustainability tinggi, dan spread-nya besar. Untuk itu para pengusaha harus jeli mengambil hal itu.

Namun untuk menarik wisman agar berwisata kuliner dan belanja di Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Wisata kuliner dan belanja untuk wisatawan nusantara (wisnus) tidak ada isu, sedangkan bagi wisman banyak isu yang harus diperbaiki.

“Selain itu WICSF merupakan bentuk komitmen kami untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh serta berharap dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga kedepannya malls juga dapat berperan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia,” tutur Menpar.

Dikatakan, memang pengalaman belanja offline tetap dibutuhkan di era digital ini, itu sebabnya belanja harus mampu menjadi atraksi yang meberikan pengalaman menarik khususnya bagi para wisatawan. Indonesia yang masuk dalam list global shopping Index, walaupun masih jauh dibandingkan negara-negara tetangga kita. Diyakini wisata belanja dapat menjadi pintu bagi promosi produk-produk unggulan Indonesia yang mampu meningkatkan ekonomi ini, walaupun hingga kini kita tidak memiliki destinasi khusus factory outlet (belanja unggulan) seperti negara lainnya.

“Namun, Kemenpar sudah membuktikan keseriusannya dalam mendorong Indonesia sebagai surga belanja, dan ini dibuktikan dengan kesungguhan dengan mengajak industri terkait untuk memperjuangkan kemudahan tax refund agar kompetitif dengan negara-negara tetangga,” kata Arief Yahya.

Sementara menurut A Stefanus Ridwan, Ketua Umum DPP APPBI mengatakan dengan diadakan WICSF diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta meningkatnya jumlah pusat perbelanjaan yang berpartisipasi dalam event ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Nah, acara pembukaan WICSF 2019 bakal digelar pada 27 September di Main Atrium Pluit Village, Jakarta dengan menyelenggarakan acara Indonesia Heritage Cultural Exhibition menampilkan berbagai culinary, crafts & fashion serta kebudayaan etnik Indonesia,” ungkapnya.

Ditambahkannya, menariknya event WICSF 2019 akan diselenggarakan bersamaan dengan perayaan 10 tahun penetapan Batik Indonesia secara resmi diakui oleh UNESCO dan masuk ke dalam refpresentative list of the intangible cultural heritage of humanity. Kehadiran berbagai pengrajin batik dan keterlibatan UMKM pada event ini pula disamping dapat mengerakkan ekonomi, membuka lapangan kerja dan tentunya bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang dan merasakan pengalaman terbaiknya berbelanja berbagai produk Indonesia di Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019. [traveltext.id]